vadakkuvaasal.com

Kupas Lengkap Suzuki Grand Vitara, Desain sampai Biaya Kepemilikan

Suzuki Grand Vitara SHVS
Lihat Foto

JAKARTA, - Kembali hadir di pasar otomotif Tanah Air, generasi baru Suzuki Grand Vitara membawa banyak perubahan dari versi lawasnya.

Secara desain, visual keseluruhan tak lagi menampilkan kesan kotak. Sudut-sudutnya dibuat lebih halus tanpa meninggalkan kesan gagah dari sebuah sport utility vehicle (SUV).

Tampilan sporty dipadukan dengan dimensi bodi yang ringkas. Pada bagian depan, model gril dibuat lebar dibalut kromium sebagai pemanis berpadu dengan kelir piano black.

Nuansa modern digambarkan dari penempatan lampu utama yang kini berada pada bagian bumper. Sementara di atasnya, terdapat LED dengan desain tiga titik yang menghiasi bagian kiri-kanan sebagai DRL.

Baca juga: Kupas Luar Dalam Omoda 5 Z, Tetap Mewah meski Tipe Terendah

Suzuki Grand Vitara SHVS/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Tak hanya eksterior, transformasi interior juga sangat total yang didominasi warna gelap dan permainan kelir silver pada beberapa bagian. Dasbor dibuat datar, sementara desain pilar A dirancang memberikan visibilitas depan yang maksimal.

Pada bagian tengah, head unit model floating berdimensi 9 inch menjadi pusat perhatian. Selain sebagai sistem audio yang bisa terkoneksi dengan ponsel, pengendara juga dapat memantau informasi kerja Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Sekilas, mungkin tampilan dasbor terlihat konvensional, tapi upaya Suzuki untuk memberikan kenyamanan dihadirkan dengan sajian desain yang ergonomis melalui tata letak fitur yang mudah digapai.

Menariknya, meski punya dimensi yang ringkas, tapi soal kelapangan kabin baik untuk ruang kepala dan kaki masih cukup nyaman untuk orang dewasa dengan tinggi badan sekitar 175 cm. Tak hanya pada baris pertama, ini juga berlaku di baris kedua.

Soal sensasi berkendara, mesin baru K15C Dual Jet yang digunakan generasi baru Grand Vitara memang cenderung lebih lebih mengejar sisi efisiensi dibanding tenaga dan torsi yang instan.

Berdasarkan data, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 103,2 Ps atau 101,7 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Baca juga: Rincian Biaya Servis Berkala dan Pajak Suzuki Grand Vitara Hybrid

Suzuki Grand Vitara SHVS/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Putaran bawahnya tak begitu agresif, beda dengan tarikan atasnya yang terasa lebih berisi. Dari pengujian menggunakan race logic, untuk menempuh kecepatan 0-100 kilometer per jam (kpj) membutuhkan waktu kurang lebih 16 detik.

Hal ini cukup wajar, mengingat teknolgi hybrid tanpa motor listrik yang digunakan memang tak memberikan pengaruh besar. Apalagi mesin pun tak dilengkapi dengan perangkat turbo.

Terkait konsumsi bahan bakar, selama pengetesan beberapa hari di dalam kota tanpa melewati tol hingga 67,7 kilometer (km), dari informasi MID menunjukkan angka 16 kpl.

Artinya, satu liter bensin yang digunakan rata-rata bisa mengantarkan Grand Vitara menempuh jarak hingga 16 km. Masih tergolong irit untuk sebuah SUV.

Baca juga: Tahun 1984 Harga Jimny Cuma Rp 7 Jutaan, Ini Harga Bekasnya Saat ini

Sedangkan yang penasaran dengan biaya kepemilikan atau servis bekala hingga 100.000 km, dari data PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang redaksi dapat, totalnya mencapai Rp 10.589.750.

Suzuki Grand Vitara SHVS/STANLY RAVEL Suzuki Grand Vitara SHVS

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat