vadakkuvaasal.com

Nyaris Tabrakan, Pentingnya Cek Spion Saat Motor Masuk Jalan Utama

Motor hampir tertabrak mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Pengendara motor harus ekstra hati-hati saat mau masuk ke jalan utama. Ada risiko mobil melaju kencang dari arah belakang dan bisa menjadi penyebab tabrakan.

Contoh kejadian pengendara yang tidak waspada bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram. Terlihat motor mau masuk ke jalan utama tapi langsung selonong saja ke tengah.

Padahal dari arah belakang ada Toyota Fortuner yang melaju cukup kencang. Beruntung Fortuner tersebut bisa mengerem tepat waktu sebelum terjadi senggolan dengan motor.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, buat pengendara motor, harus cek situasi jalan sebelum melakukan manuver.

"Sebaiknya kurangi kecepatan, pastikan situasi belakang aman dengan cara menyalakan sein lalu cek spion. Safety check juga dengan menengok ke belakang, memastikan area blind spot aman," kata Agus kepada , belum lama ini.

Bisa dilihat, pengendara tadi tidak ada tanda-tanda menengok ke arah belakang. Lampu sein pun tidak menyala, tapi dia sangat beruntung karena tidak terjadi tabrakan dengan mobil.

Baca juga: Membandingkan Kenyamanan Interior BR-V dan Stargazer X


"Kadang banyak pengendara yang kurang waspada saat di jalan. Padahal, di jalan banyak sekali potensi bahaya, apalagi jika si pengendara memiliki kemampuan yang minim," kata Agus.

Sebagai pengendara motor, ada baiknya sabar saat di jalan raya. Jalanan bukan tempat yang aman, banyak pengguna dan harus ekstra waspada.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat