vadakkuvaasal.com

Motor Lawas Honda Win Lagi Diminati, Harga Bisa Tembus Rp 20 Juta

Tren Honda Win 100 terus meningkat
Lihat Foto

JAKARTA, – Honda Win 100 jadi salah satu motor bekas yang banyak diminati saat ini. Motor sport naked dengan ciri khas tangki kotak hingga ke desain lampu utamanya ini seperti tak lekang oleh waktu.

Namun, karena statusnya yang discontinued alias sudah disuntik mati pada 2005, cara termudah mendapatkan Honda Win 100 adalah dengan berburu motor bekasnya

Berdasarkan penelusuran sejumlah bursa motor bekas daring, Senin (18/9/2023), Honda Win dibanderol mulai Rp 8 juta hingga Rp 20 juta.

Baca juga: Toyota Alphard Bekas Silver Bird Dilego, mulai Rp 625 Juta

Tren Honda Win 100 terus meningkat/Donny Tren Honda Win 100 terus meningkat

Tri Wahyudi, pemilik bengkel restorasi Rumah Pitung di Tangerang, Banten, mengatakan, rentang harga yang cukup jauh disebabkan oleh sejumlah faktor.

Antara lain, kondisi motor yang siap pakai atau tidak. Termasuk surat kepemilikan, status pajak kendaraan, varian warna, hingga kelengkapan spare part orisinil yang terpasang.

“Honda Win di pasaran umumnya dari tahun 1985 sampai 2000-an. Kalau yatim piatu no paper bisa Rp 5 jutaan. Tapi kalau dia sudah restorasi bisa laku sampai Rp 16 jutaan, itu surat-surat lengkap,” ujar Tri, kepada (18/9/2023).

Baca juga: Daftar Motor Listrik Gambot yang Dapat Subsidi, Harga mulai Rp 13,5 Juta

Sementara buat unit yang masih orisinal, odometer dengan kilometer rendah, harganya bisa saja tembus puluhan juta rupiah.

Sebagai gambaran, Tri pernah mendapatkan Honda Win tahun produksi 1988 yang ia beli Rp 10 juta, lalu bisa dijual kembali Rp 14 juta, dalam rentang waktu kurang lebih 10 hari.

“Pengalaman saya kalau mau di kisaran Rp 500.000, dua hari bisa laku. Maksudnya, rata-rata kalau mau langsung lepas lagi dengan untung Rp 500.000, bisa cepat laku,” ucap Tri.

Baca juga: Mobil Matik Makin Canggih, tetapi Pemicu Masalah Tambah Banyak

Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage/DIO DANANJAYA Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage

Senada dengan Tri, Sendy Alfiandi, pemilik bengkel Mosic Garage di Depok, Jawa Barat, mengakui Honda Win sedang ramai di pasaran.

Tak heran bila penggemar motor klasik banyak yang ingin mengubah tampilan motor standarnya, agar menyerupai Honda Win. Di mana salah satu basic motor yang banyak dipilih adalah Honda Verza.

Menurutnya, pesanan Honda Verza custom Win bisa mencapai 4-5 unit per bulan, dengan lama pengerjaan kurang lebih satu bulan per unit.

Baca juga: Honda Super Cub 110 Pro, Motor Bebek Pekerja Sejati Harga Rp 36 Jutaan

Mosic Garage, bengkel modifikasi di daerah Meruyung, Limo, Depok, yang menerima Verza custom Win./DIO DANANJAYA Mosic Garage, bengkel modifikasi di daerah Meruyung, Limo, Depok, yang menerima Verza custom Win.

“Kita terima modifikasi rapi sudah termasuk Verzanya sekitar Rp 22,5 juta, kalau biaya modifikasinya saja kurang lebih Rp 13,5 juta,” ucap Sendy, kepada belum lama ini.

Adapun bahan Honda Verza yang dijadikan objek modifikasi bisa dibawa konsumen, atau minta dicarikan oleh Mosic Garage.

“Spare part kami pakai bawaan Honda Win, seperti bodi belakang dan lampu-lampu. Kalau tangki kami custom sendiri,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat