vadakkuvaasal.com

Honda Jepang dan Amerika Bersatu, Bikin Mesin F1 Terbaru

Honda Motor Company memperkuat hubungan kemitraannya dengan Red Bull Group untuk kegiatan motorsports terutama di ajang balap mobil Formula 1.
Lihat Foto

JAKARTA, - Honda pernah mengumumkan akan hengkang dari ajang balap Formula 1 (F1). Namun, tidak jadi dan bertahan hingga sekarang. Belum lama ini, dikabarkan Honda akan membuat mesin F1 terbaru.

Saat ini, Honda Racing Corporation (HRC) Jepang masih berkompetisi di ajang balap F1 bersama tim Red Bull dan Alpha Tauri. Tapi, mulai musim 2026, HRC Jepang akan berkolaborasi dengan Aston Martin.

Baca juga: Red Bull Racing Honda Raih Kemenangan Beruntun ke-11 di F1 2023

Era tersebut akan menjadi penanda dimulainya penggunaan mesin terbaru tersebut. Dengan digelarnya tiga seri di Amerika Serikat, Honda akan membentuk HRC AS dibantu oleh Honda Performance Development (HPD) yang akan terlibat dalam pembuatan mesin F1 mulai 2026.

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, kala beraksi dalam ajang F1 GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu 4 September 2022.AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap Red Bull, Max Verstappen, kala beraksi dalam ajang F1 GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu 4 September 2022.

"Tujuan kami adalah untuk meningkatkan merek HRC dan mempertahankan kesuksesan kegiatan balap kami dan kami percaya bahwa menyatukan olahraga motor Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu mencapainya," kata Koji Watanabe, Presiden HRC Jepang, dikutip dari Global.honda, Senin (25/9/2023).

"Para insinyur balap kami di Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi lebih kuat bersama dan saya sangat senang menyambut rekan-rekan kami di Amerika Serikat untuk bergabung dengan tim HRC," kata Watanabe.

Baca juga: Sebastian Vettel Kembali Geber Mobil F1, Pakai Bahan Bakar Sintetis

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Presiden HPD David Salters, mengatakan, warisan balap Honda tidak tertandingi dan selama 30 tahun terakhir dan para pria dan wanita berbakat dari HPD telah memberikan kontribusi terhadap kesuksesan tersebut di AS.

"Kami sangat senang dan bangga dapat bergabung dengan teman dan kolega kami di HRC Jepang dan mewakili Honda Racing sebagai organisasi balap global," ujarnya.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat