vadakkuvaasal.com

Marc Marquez Tinggalkan Honda, Bergabung ke Gresini Racing

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022
Lihat Foto

JAKARTA, - Pebalap MotoGP Marc Marquez resmi mengumumkan perpisahannya dengan Honda pada Rabu (4/10/2023). Marquez dan Honda sepakat untuk mengakhiri kontraknya setahun lebih cepat yakni setelah musim 2023 berakhir.

Marquez akan membalap untuk tim Gresini Ducati di MotoGP tahun depan, hanya saja hal tersebut belum diumumkan secara resmi.

Sebagai informasi, kerjasama Marquez dengan Honda merupakan salah satu aliansi paling sukses dalam sejarah MotoGP.

Bersama Honda, pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu menghasilkan total enam gelar juara dunia selama sebelas musim.

Baca juga: Marc Marquez Resmi Cerai dengan Repsol Honda

Pebalap asal Spanyol ini memulai debutnya bersama Honda pada tahun 2013 dan memenangkan gelar juara, kemenangan ini sekaligus menjadikan Marquez pemenang kelas premier termuda dan menjadi Juara Dunia kelas premier termuda di tahun yang sama.

Gelar kedua diperoleh Marquez pada musim 2014, namun pada 2015 gelar juara dunia direbut oleh Jorge Lorenzo yang pada saat itu balapan untuk tim pabrikan Yamaha.

Marquez kemudian kembali mendominasi kejuaraan MotoGP pada 2016 hingga 2019, rider berusia 30 tahun ini memenangkan kejuaraan selama empat tahun berturut-turut dengan kemenangan terakhirnya selisih 151 poin.

Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.

Sayangnya, Marquez harus mengalami cedera lengan usai mengalami kecelakaan hebat di Jerez pada awal musim 2020.

Kecelakaan itu membuat dirinya harus menjalani operasi selama empat kali. Di sisi lain, Marquez juga mengalami serangan diplopia (penglihatan ganda) yang juga memaksanya untuk absen dalam beberapa balapan.

Meski mampu memenangkan tiga balapan pada 2021, Marquez belum pernah naik podium MotoGP sejak Oktober tahun itu. Performa motor RC213V yang memburuk dalam dua musim terakhir membuat dirinya sulit untuk tampil kompetitif di lintasan.

Baca juga: Angka Kecelakaan Tinggi, Jasa Raharja Ingatkan Pentingnya Bayar Pajak

Di tengah keterpurukannya bersama Honda, muncul spekulasi yang mengatakan bahwa Marquez akan berpindah ke tim Gresini Racing, yang masih berusia satu tahun untuk mengendarai Desmosedici.

Spekulasi tersebut semakin menguat setelah sambutan yang kurang baik terhadap prototipe Honda 2024 yang di uji Marquez di Misano pada bulan September.

Adapun kepindahan Marquez memang belum diumumkan secara resmi oleh Gresini Racing. Namun dapat dipastikan kalau juara dunia delapan kali itu akan bertandem dengan saudara kandungnya Alex Marquez di tim satelit Ducati.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat