vadakkuvaasal.com

Module CVT Nissan X-Trail Rusak, Tidak Melulu Harus Ganti Baru

Nissan X-Trail T32 dibekali module elektronik pada masing-masing sektor sistem kerja yakni ECM, TCM, BCM, dan sebagainya.
Lihat Foto

BEKASI, - Mobil modern sudah dibekali teknologi canggih sebagai upaya meningkatkan efisiensi, kenyamanan serta kenyamanan pengendara. Tak khayal, mobil sekarang banyak disematkan module elektrikal.

Maka dari itu, umumnya mobil modern dianggap susah diperbaiki oleh pihak bengkel, khususnya yang non-resmi. Maka dari itu, muncul bengkel spesialis yang diharapkan lebih memahami hal tersebut.

Kerusakan modul elektrikal pada mobil seperti engine control module (ECM), transmission control module (TCM), ABS module, airbag module dan sebagainya memang berdampak cukup serius pada sistem.

Baca juga: Kata Daihatsu Soal Masalah ECU Ayla 1.000 cc

Diagnosa masalah pada Nissan X-Trail T32 menunjukkan TCM-nya rusak dengan kode masalah P0890.Tangkapan layar Diagnosa masalah pada Nissan X-Trail T32 menunjukkan TCM-nya rusak dengan kode masalah P0890.

Jika salah dalam hal penanganan, bisa saja module yang seharusnya bisa diperbaiki jadinya diganti. Padahal harga satu unit modul umumnya tidak murah.

Ayunk, Digital Marketing Auto Smashhit Car Computer Specialist mengatakan tidak semua module yang dinyatakan bermasalah harus diganti, karena bengkel memberikan opsi untuk memperbaiki.

“Harapannya biaya perbaikan mobil modern lebih terjangkau karena memperbaiki module lebih murah daripada menggantinya, namun kembali lagi itu tergantung dari kondisi module yang rusak,” ucap Ayunk kepada , Senin (16/10/2023).

Baca juga: Masalah ECU, Daihatsu Recall 3.383 Unit Ayla 1.000 cc

Segala macam jenis module elektronik pada moibil bisa diperbaiki di bengkel spesialis ECU Auto Smashhit, Bekasi.Auto Smashhit/Ayunk Segala macam jenis module elektronik pada moibil bisa diperbaiki di bengkel spesialis ECU Auto Smashhit, Bekasi.

Pekerja bengkel di Jl. Bintara Jaya No.24 RT 002/010 Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat ini mengatakan setiap unit yang masuk pasti diperiksa kondisinya terlebih dulu.

Setelah itu, Ayunk mengatakan konsumen akan mendapatkan estimasi biaya perbaikan. Hal itu juga mengkonfirmasi apakah module masih bisa diperbaiki atau tidak.

“Untuk kasus Nissan X-Trail T32 ini memiliki keluhan cek engine menyala, tenaga loyo meski putaran mesin mau tinggi, terus perpindahan tuas matik ngejedug atau kasar, setelah dilakukan pemindaian terdapat masalah pada modul CVT atau TCM-nya, dengan kode P0890,” ucap Ayunk.

Baca juga: Intip Biaya Perbaikan bila ECU Nissan Grand Livina Rusak

Module pada mobil modern ternyata bisa diperbaiki sudah dinyatakan rusak, namun syaratnya tidak terlalu parah kerusakannya.Tangkapan layar Module pada mobil modern ternyata bisa diperbaiki sudah dinyatakan rusak, namun syaratnya tidak terlalu parah kerusakannya.

Selanjutnya, perlu diperiksa juga bagian rangkaian kelistrikan meliputi kabel-kabel, soket dan kotak sekring. Jika terdapat masalah seperti kabel putus, soket kendor atau sekering putus maka hal itu bisa menjadi pemicu masalah juga.

“Jika semuanya baik, baru dilakukan pembongkaran module, untuk diperbaiki menggunakan alat dan teknologi modern, dan biasanya kami menjelaskan kepada konsumen apakah mau diperbaiki atau diganti karena ini berkaitan dengan keselamatan pengendara,” ucap Ayunk.

Setelah dilakukan perbaikan, Ayunk menjelaskan hasilnya cukup memuaskan, cek engine sudah bisa dihapus dan performanya sudah seperti sedia kala.

Baca juga: Masalah ECU Airbag, Daihatsu Recall Xenia dan Rocky di Indonesia

Dengan perbaikan TCM Nissan X-Trail ini, konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk menggantinya dengan yang baru, karena menurut Ayunk biaya perbaikan module jauh lebih terjangkau.

Sebagai tambahan informasi, Ayunk mengatakan biaya perbaikan TCM Nissan X-Trail T32 ini mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta. Sedangkan harga barunya bisa sampai Rp 12 jutaan berdasarkan pantauan , Rabu (18/10/2023).

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat