vadakkuvaasal.com

Video Kampas Rem Mobil Pakai Kayu, Bisakah?

Video kampas rem mobil dari kayu
Lihat Foto

JAKARTA, - Kampas rem merupakan salah satu komponen penting sebagai penghambat laju kendaraan.

Komponen ini biasanya terbuat dari metal atau besi, tembaga dan dilapisi grafit untuk pelumas. Komposisinya tentu berbeda-beda, tergantung dari merek yang dipilih.

Namun, baru-baru ini beredar di media sosial TikTok video yang memperlihatkan material kampas rem mobil yang terbuat dari kayu. Rekaman itu diunggah oleh akun TikTok bernama @Ridwan_Deka.

Baca juga: Mau Beli Fortuner Lawas, Segini Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kakinya

Video itu pun mendapat berbagai respon dari warganet, tidak sedikit dari mereka yang bertanya apakah kampas rem bisa menggunakan material kayu seperti yang ada dalam video tersebut.

Namun, banyak juga dari mereka yang mengatakan bahwa kampas rem dari material kayu lebih bagus jika digunakan di jalan berlumpur.

“Apakah (material kayu) bisa dipakai?,” tulis komentar akun 125150v.

“Pakai kayu lebih tahan untuk jalan berlumpur dibandingkan yang beli di toko hehe, memang kurang gigit kalo untuk jalan biasa,” tulis akun Taon.

“Kayu nangka bang bagus, tahan lama, tahan pecah juga,” tulis komentar tanpa nama.

@ridwan_deka kampas rem gawe dewe???? #kukuhitam #fyp #kampasrem #granmaxpickup #granmax #tukangmebel ? suara asli - pay.

 

Menjawab hal ini, Widodo, pemilik bengkel AD Oya yang berlokasi di Jalan Sulaiman, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengatakan, kampas rem memang menggunakan berbagai macam bahan, salah satunya ada unsur kayu.

“Jadi ketika jaman dulu mobil terjebak di hutan memang bisa menggunakan kayu, namun hanya dalam keadaan darurat, hanya untuk keluar dari hutan dan tidak bisa di push atau diforsir habis. Hanya membantu memperlambat laju kendaraan bukan untuk menghentikan kendaraan,” ucap pria yang akrab disapa Dodo, saat dihubungi , Selasa (31/10/2023).

Sedangkan menurut Dodo, untuk mobil jaman sekarang tidak bisa menggunakan kampas rem dengan bahan kayu saja. Sebab, hal tersebut tentu sangat berbahaya.

“Itu sebenarnya hanya konten saja. Manusia zaman sekarang hanya 1 persen yang berpikir ke sana (menggunakan kayu), karena kampas rem sekarang mudah didapat dan harganya juga murah,” kata Dodo.

Ilustrasi kampas rem mobilDok. Toyota Astra Ilustrasi kampas rem mobil

“Terlebih mobil sekarang itu melaju dengan kecepatan tinggi dan jarak antar mobil kadang menempel hanya setengah meter, sehingga kampas rem (material kayu) itu tidak bisa di rem secara spontan, dia hanya membantu memperlambat laju saja tidak memberhentikan kendaraan,” lanjut Dodo.

Baca juga: Savart Siapkan Motor Listrik Lain, Lebih Murah dari S-1

Dodo melanjutkan, untuk kampas rem yang digunakan oleh pemilik kendaraan sebaiknya sudah mencakup berbagai macam unsur yang diperlukan. Hal ini demi keselamatan dan keamanan saat berkendara.

“Semua unsur itu harus ada di Kampas rem mulai dari karet, kayu, besi, metal dan lain sebagainnya. Kampas rem yang saat ini beredar di pasaran itu dibuat dengan proses yang sangat panjang, jadi bukan hanya material kayu saja,” kata Dodo.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat