vadakkuvaasal.com

Kalah dengan MotoGP, Sulit Bikin WorldSBK Populer di Indonesia

Sejumlah pebalap memacu kecepatan saat Superpole Race WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/3/2023). Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32.037 detik, disusul pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Andrea Locatelli. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nym.
Lihat Foto

JAKARTA, - Indonesia tidak masuk ke dalam kalender World Superbike (WorldSBK) 2024. Masyarakat dinilai lebih antusias dengan ajang balap MotoGP.

WorldSBK untuk pertama kalinya digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 2021. Kemudian, keseruan berlanjut pada 2022 dan 2023.

Namun, ajang balap ini disebut-sebut belum bisa mendatangkan keuntungan. Hal tersebut diketahui saat rapat bersama Komisi VI DPR RI pada pertengahan Juni 2023.

Baca juga: Mandalika Absen dari Kalender WorldSBK 2024, MGPA Sebut Belum Final

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, mengatakan, penyelenggaraan WorldSBK menunjukkan kerugian. Sehingga, pihaknya akan melakukan negosiasi untuk menghilangkan WorldSBK.

Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu memacu kecepatan saat Race 1 WSBK 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Alvaro Bautista menjadi yang tercepat pada Race 1 WSBK Mandalika 2023 di susul posisi kedua pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu dan posisi ketiga pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Andrea Locatelli. Terkini, Toprak Razgatlioglu menjadi yang tercepat dalam sesi Superpole Race WSBK Mandalika 2023, Minggu (5/3/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
M Agung Rajasa Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu memacu kecepatan saat Race 1 WSBK 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Alvaro Bautista menjadi yang tercepat pada Race 1 WSBK Mandalika 2023 di susul posisi kedua pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu dan posisi ketiga pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Andrea Locatelli. Terkini, Toprak Razgatlioglu menjadi yang tercepat dalam sesi Superpole Race WSBK Mandalika 2023, Minggu (5/3/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, salah satu tantangannya adalah Indonesia kebalikannya dari Eropa, di mana lebih banyak orang yang menggunakan motor jenis superbike.

"Bila di Eropa motor hariannya adalah cc gede, motor kecilnya justru untuk hobi," ujar Priandhi, kepada , belum lama ini.

"Sedangkan di Indonesia, motor hariannya yang 150 cc, hanya segelintir orang yang punya motor 900 cc," kata Priandhi.

Baca juga: Kalender WorldSBK 2024 Dirilis, Mandalika Tidak Masuk Daftar

Untuk diketahui, WorldSBK adalah ajang balap tingkat dunia untuk motor produksi massal. Berbeda dengan MotoGP yang menggunakan motor prototype.

Jonathan Rea (kanan) adu balap dengan Toprak Razgatlioglu (kiri) di Sirkuit Mandalika dalam gelaran WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA./Mochamad Sadheli Jonathan Rea (kanan) adu balap dengan Toprak Razgatlioglu (kiri) di Sirkuit Mandalika dalam gelaran WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA.

Motor-motor yang digunakan pada WorldSBK adalah jenis superbike yang memiliki kapasitas mesin di atas 900 cc. Motor superbike lebih banyak beredar di Eropa.

Sehingga, sulit untuk membuat masyarakat lebih antusias kepada WorldSBK. Sebab, motor-motor yang digunakan jumlahnya sangat sedikit, karena harganya yang cukup tinggi.

Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Terkini, Alvaro Bautista meraih hasil sempurna pada seri pembuka WSBK 2023 di Phillip Island, Australia, Minggu (26/2/2023). Artikel ini berisi hasil FP2 WSBK Mandalika 2023. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/tom.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Terkini, Alvaro Bautista meraih hasil sempurna pada seri pembuka WSBK 2023 di Phillip Island, Australia, Minggu (26/2/2023). Artikel ini berisi hasil FP2 WSBK Mandalika 2023. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/tom.

"Kita harus bikin masyarakat tahu dulu soal WorldSBK, lalu membuat mereka suka. Tapi, kan tidak mudah dari negara yang jumlah motornya tidak ada, tapi kita ingin bikin. Akhirnya, orang hanya tahu juara dunianya saja," ujarnya.

"Kita harus membangun popularitas WorldSBK. Sebab, jika tidak, saya rasa banyak orang yang tidak tahu. Pasti banyak yang mengira kejuaraan dunia hanya MotoGP," kata Priandhi.

Priandhi menambahkan, untuk mencapai target tersebut, MGPA dan pihak-pihak terkait sedang mencari banyak cara. Salah satunya dengan menggandeng Dyandra&Co.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat