vadakkuvaasal.com

Ajang Balap Motor FIM Khusus Perempuan Digelar Tahun Depan

FIM Women's Motorcycling World Championship akan dimulai 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Balapan motor buat wanita atau FIM Women's Motorcycling World Championship akan dimulai 2024. Balapan kali ini khusus untuk wanita dan berskala internasional.

Dikutip dari laman FIM, musim pertama akan diisi dengan enam seri dengan satu pre-season test. Balapan khusus wanita ini terintegrasi dengan Motul FIM Superbike World Championship.

Berikut ini jadwal seri Women's Motorcycling World Championship 2024:

Baca juga: Jadwal MotoGP Malaysia 2023, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Pebalap wanita, Fisichella Kusumawardhani yang menjadi pemenang di kelas balap Honda Matic standar sampai dengan 130 cc wanita pada Honda Dream Cup 2019 di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (24/11/2019)./ANGGARA WIKAN PRASETYA Pebalap wanita, Fisichella Kusumawardhani yang menjadi pemenang di kelas balap Honda Matic standar sampai dengan 130 cc wanita pada Honda Dream Cup 2019 di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (24/11/2019).

1. Emilia Romagna Round, Misano World Circuit “Marco Simoncelli” - 14-16 Juni

2. UK Round, Donington Park Circuit - 12-14 Juli

3. Portuguese Round, Autodromo Internacional do Algarve - 9-11 Agustus

4. Hungarian Round, Balaton Park Circuit - 23-25 Agustus

5. Italian Round, Cremona Circuit - 20-22 September

6. Spanish Round, Circuito de Jerez-Angel Nieto - 11-13 Oktober.

Setiap seri akan diisi Superpoles di hari Jumat, Race 1 di Sabtu, dan Race 2 di hari Minggu. Jadi balapannya seperti format SBK, makin seru saja.

Yamaha akan jadi penyedia motor di Women's Motorcycling World Championship, memakai YZF-R7. Jadi unitnya sama semua, motor sport dua silinder 689cc dengan tenaga sekitar 74,8 TK untuk standar.

Baca juga: Mengapa Ban Mobil Bisa Meledak di Jalan?

Para peserta mulai bisa daftar pada 13 November 2023 sampai 31 Januari 2024. Selain itu ada konfirmasi keikutsertaan pada 15 Februari 2024.

Syaratnya, calon pebalap minimal usianya 18 tahun dan mendaftar dengan tim. Jadi ada sentuhan khusus dari setiap tim, berbeda-beda saat balapan nanti.

Soal biaya masuk, untuk pebalap adalah 25.000 Euro atau sekitar Rp 416 jutaan. Uang tersebut sudah termasuk Yamaha YZF-R7 2023 dengan GYTR Racing Kit, ban Pirelli, BBM, servis, samlai akses Paddock Village saat balapan.

Pebalap perempuan asal Spanyol, Ana Carrasco saat berlaga di Sirkuit Motegi, Jepang pada 2013.AFP Photo/Toshifumi Kitamura Pebalap perempuan asal Spanyol, Ana Carrasco saat berlaga di Sirkuit Motegi, Jepang pada 2013.

Bergabung di bawah WorldSBK menambah manfaat seperti ditayangkan secara global, dapat hadiah dari Pirelli, dan kesempatan mendapatkan sponsor.

Presiden FIM Jorge Viegas mengatakan, FIM sudah sejak lama mau melibatkan wanita ke Motorsport, bahkan sejak 20 tahun lalu ketika dibuat juga Komisi Wanita di FIM.

"Kita sudah punya kejuaraan buat wanita di Motocross, Enduro, dan Trial. Tapi bicara balapan di sirkuit, Dorna mendukung proyek ini, apalagi banyak juga permintaan wanita untuk ikut kejuaraan ini, saya rasa ini akan sangat berhasil," kata Jorge dalam siaran resmi.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat