vadakkuvaasal.com

Pakai Security Film, Kaca Mobil Aman meski Dihantam Kapak

Proses pemasangan kaca film
Lihat Foto

JAKARTA, - Kriminalitas di jalan bisa terjadi di mana saja. Untuk itu pemilik mobil perlu untuk melengkapi kendaraannya dengan sistem keamaan baik yang sifatnya aktif atau pasif.

Salah satu sistem keamaan pasif yang dapat diterapkan yaitu menggunakan kaca film pengaman alias security film. Kaca film jenis ini bisa menahan benturan yang cukup keras jika kaca hendak dipecahkan dari luar.

Baca juga: Yayasan Astra Gelar Acara Komunikasi Sekolah Binaan Saat Hari Pahlawan

Martin Batara, pemilik 3M Authorized Dealer di Jakarta Barat dan Tangerang, mengatakan, kaca film terbagi dalam tiga kategori yaitu dekorasi film, sunshield film dan security film.

Pemasangan kaca film Kabuki Auto Shop Kabuki Auto Shop Pemasangan kaca film Kabuki Auto Shop

"Untuk mobil biasanya pakai sunshield film tapi bisa juga dipasang security film. Untuk security film dia fungsinya seperti kaca film pada ponsel," kata Martin kepada , Senin (13/11/2023).

Martin mengatakan, security film punya beberapa tingkat ketebalan, yaitu mulai 2 mili micron, 4 mili micron, dan 8 mili micron. Semakin tebal makin bagus dalam melindungi kaca dari benturan benda asing.

"Namun, yang bisa dipakai di mobil ialah maksimal 2 mili micron. Kenapa karena kaca mobil tidak lurus tapi melengkung, kalau kaca film terlalu tebal dia akan sulit menempel," ujar Martin.

Baca juga: Cara Operasikan Mobil Matik Saat Melewati Tanjakan di Jalan Tol

Proses pemasangan kaca film 3M/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film 3M

"Dengan ketebalam 2 mili micron itu dia bisa menahan benturan dari kapak, batu dan pukulan benda dumpul, kalau senjata api tetap tembus. Kita ambil kapak itu setidaknya butuh 12 sampai 13 pukulan keras sampai pecah," kata Martin.

Martin mengatakan, harga security film bervariasi sangat tergantung dari jenis mobil, tipe dan lainnya. Namun harga security film memang pada dasarnya lebih mahal daripada sunshield film atau kaca film mobil biasa.

"Kisaran harga buat security film ketebalan 2 mili micron bervariasi tergantung ukuran mobil, tapi kisaran harga Rp 3 juta- Rp 9 juta. Buat perbandingan merek 3M yang kaca film biasa kalau full sekitar Rp 1 juta - Rp 3 juta," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat