vadakkuvaasal.com

Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Ilustrasi AC Mobil
Lihat Foto

SLEMAN, - Beredar kabar di kalangan masyarakat bahwa saat menghidupkan mesin mobil wajib memastikan AC mati karena dapat membebani.

Seperti yang diketahui, ketika AC hidup maka kerja mesin menjadi lebih berat karena ada beban dari kompresor. Berangkat dari hal tersebut, kini muncul anggapan bahwa saat menghidupkan mesin wajib mematikan AC.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar karena pada mobil-mobil modern sudah dilengkapi sistem lebih canggih untuk mengantisipasi hal tersebut.

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Panas Bisa Jadi Gejala Mesin Mobil Overheat

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

Aji Dwi Nugroho, Foreman Aha Motor Yogyakarta mengatakan pada mobil modern dilengkapi sistem yang lebih canggih sehingga AC tidak akan membebani mesin saat dihidupkan.

“AC dikatakan membebani mesin adalah ketika kompresor aktif, sehingga kerja mesin lebih berat, tapi saat mesin mati dan hendak dihidupkan kompresor tidak akan langsung hidup meski sakelar AC On,” ucap Aji kepada , Rabu (15/11/2023).

Aji mengatakan saat sakelar AC pada posisi On, memang embusan angin akan keluar dari kisi-kisi udara tapi suhunya tidak dingin. Itu menandakan saat itu hanya motor blower saja yang bekerja sementara kompresor belum.

Baca juga: Ada Perbedaan antara AC Mobil Listrik dan Mobil Biasa

Kompresor AC mobil/Gilang Kompresor AC mobil

Sehingga, AC tidak akan membebani aki saat mesin hendak dihidupkan. Bahkan kompresor akan aktif beberapa detik setelah mesin hidup meski sakelar AC On sejak awal.

“Saat distarter, arus listrik dari aki akan fokus memutar motor starter, sehingga tidak akan ada beban tambahan, sementara itu kompresor AC juga belum aktif,” ucap Aji.

Aji mengatakan salah satunya beban ketika sakelar AC On adalah daya listrik untuk memutar motor blower, sehingga bila kondisinya aki sudah mulai tekor akan membuat mesin gagal hidup.

Baca juga: Kenali Penyebab Magnet Clutch Kompresor AC Mobil Rusak

“Beban motor blower ini akan mengurangi daya aki secara perlahan, sehingga bila kondisi akinya sudah tua atau kurang prima bisa saja membuat mesin gagal starter, sehingga bisa dikatakan membebani aki,” ucap Aji.

Selama aki mobl masih prima, secara sistem tidak mempermasalahkan sakelar AC hidup saat hendak menghidupkan mesin, menurut Aji itu masih aman dilakukan.

Jadi, saat menstarter mobil dengan AC hidup tidak akan membebani secara langsung karena kompresor AC belum aktif, sementara beban hanya terjadi pada aki untuk menyuplai arus listrik pada motor blower.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat