vadakkuvaasal.com

PCX vs NMax, Sama-sama Sulit Nanjak kalau Tidak Paham Tekniknya

Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah kembali normal dan lancar sejak dua hari terakhir pekan cuti bersama Lebaran pada Minggu (8/5/2022).
Lihat Foto

JAKARTA, - Melintasi tanjakan yang terjal memang perlu teknik tersendiri. Kalau misalnya salah, tidak melihat jenis motornya, maka akan sama-sama kesulitan.

Misal pada video yang diunggah akun Instagram Mountnesia, terlihat beberapa motor sedang melintasi tanjakan terjal di daerah Dieng. Tulis di videonya "PCX vs Nmax Dieng nih Boss!", seperti mengadu keandalan kedua motor melintasi tanjakan.

Memang, terlihat ada pengendara Honda PCX dan Yamaha NMax yang mengalami kendala saat melewati tanjakan tersebut. Tapi pengendara yang lain pun aman-aman saja melintasi tantangan tersebut.

Baca juga: Cara Operasikan Mobil Matik Saat Melewati Tanjakan di Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PENDAKI GUNUNG INDONESIA (@mountnesia)

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat melintasi tanjakan terjal, pengendara harus mendapatkan momentum yang pas, apalagi kalau menggunakan motor matik.

"Artinya kecepatan kita saat sebelum naik sudah harus maksimal dan pandangan mata melihat jauh kedepan untuk mendapatkan informasi rute yang aman untuk dilewati agar kita tidak terlalu kesulitan dalam menanjak," kata Agus kepada , Rabu (15/11/2023).

Kemudian, pilih jalanan yang tidak bergelombang dan berlubang, jadi cari yang mulus. Posisi badan pun agak sedikit membungkuk, untuk menjaga keseimbangan beban motor saat di tanjakan.

Baca juga: Ini Klub Mobil Pertama di Indonesia Sejak Zaman Hindia Belanda

"Jangan melakukan pengereman mendadak atau sering melakukan pengereman supaya kecepatan motor tidak berkurang. Apabila jalan sepi seperti di video kita bisa melakukan jalan zig-zag untuk mengurangi beban mesin motor ketika menanjak," kata Agus.

Jadi paling utama adalah menyiapkan kecepatan dari bawah tanjakan, jangan terlalu pelan juga. Akhirnya, motor bisa melintasi tanjakan dengan aman dan nyaman, tidak kehabisan momentum di tengah tanjakan.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat