vadakkuvaasal.com

Cara Mengaktifkan Rem Parkir Elektrik Saat Kecepatan Tinggi

Rem parkir model tombol ada di Nissan X-trail
Lihat Foto

KLATEN, - Mobil modern banyak mengadopsi fitur rem parkir elektrik atau electronic parking brake (EPB) sebagai pengganti rem tangan. Bermodalkan sakelar sederhana perintah akan dikirimkan ke perangkat elektronik untuk mengaktifkan rem parkir.

Artinya, kendali rem parkir ini ada pada sakelar sementara tombol tersebut bisa saja terpencet karena faktor ketidaksengajaan. Namun tidak perlu khawatir rem parkir akan aktif tanpa disengaja karena ada sistem pengamannya.

Meski demikian, bila pengemudi membutuhkan hard braking dalam kondisi darurat maka rem parkir elektrik ini bisa diaktifkan dengan beberapa tahapan prosedur.

Baca juga: Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?

Tuas rem tangan Honda WR-V/Donny Tuas rem tangan Honda WR-V

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, menjelaskan pada Hyundai Stargazer X, jika mobil sedang jalan dalam kecepatan tertentu dan ada yang mencolek EPB maka belum tentu akan langsung bekerja.

“Bila sakelar ditarik atau dicolek tidak sengaja maka rem parkirnya tidak akan aktif, ban mobil tidak akan terkunci dan membahayakan, ada komputer yang membaca kondisi, apakah mobil sedang melaju atau berhenti," kata Bonar di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Bonar mengatakan misal mobil sedang melaju kemudian ada yang tidak sengaja menarik tuas sekejap tanpa disengaja sementara kecepatan mobil tinggi maka rem parkir tidak akan aktif.

Baca juga: Langkah Penting Saat Motor Matik Mengalami Rem Blong

Tombol Mode Berkendara Chery Omoda 5 GT AWD/Adityo Wisnu Tombol Mode Berkendara Chery Omoda 5 GT AWD

Namun, jika menginginkan pengereman menggunakan rem parkir terjadi pada kecepatan tinggi bisa mengikuti prosedur yang ada yakni dengan menahan atau menarik tombol parkir elektrik beberapa detik sampai berbunyi buzzer.

“Jika kondisi tersebut terpenuhi maka rem belakang akan aktif secara gradual sehingga mobil bisa melambat dan berhenti," kata Bonar.

Bonar mengatakan prinsip kerja remnya sama dengan rem tangan mekanikal, dia akan berhenti secara perlahan. Konsekuensi pakai teknik ini jarak pengeremannya lebih jauh apalagi tanpa bantuan rem depan.

Baca juga: Cara Parkir Mobil Manual Supaya Tidak Melompat

Nah, itu tadi cara mengaktifkan rem parkir elektronik dalam kondisi darurat saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Sebagai tambahan informasi rem jenis ini tidak bisa menggantikan tuas rem tangan layaknya pada mobil balap untuk drifting.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat