vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu? | Cerita Orang Pertama yang Touring Motor Jakarta-Surabaya pada 1917

Tombol release button mobil matik untuk fitur keamanan
Lihat Foto

JAKARTA, - Mobil matik terdapat pilihan posisi transmisi untuk digunakan saat parkir, yakni posisi P. Namun, dalam pengoperasiannya tidak boleh sembarangan.

Selain membutuhkan mobil berhenti terlebih dulu sebelum memindahkan tuas matik ke P, rem tangan juga sebaiknya ditarik terlebih dulu untuk memastikan mobil tidak bergeser saat tuas sudah di P.

Selain itu, saat ini touring sepeda motor jarak jauh hal yang biasa, namun 100 tahun yang lalu touring motor merupakan aktivitas luar biasa sebab saat itu teknologi motor dan infrastuktur masih terbatas.

Sejarah touring di Indonesia cukup panjang sebelum kemerdekaan. Tak sedikit pemilik motor yang berjiwa petualang mencoba melakukan touring jarak jauh dari Batavia ke Soerabaja atau saat ini Jakarta-Surabaya.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Wajib Matikan AC Mobil Saat Memanaskan Mesin

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 15 November 2023:

1. Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?

Trotoar di sepanjang Jalan Pajajaran Indah V, Baranangsiang, Bogor, yang dipenuhi mobil parkir, Selasa (18/7/2023). /Wasti Samaria Simangunsong Trotoar di sepanjang Jalan Pajajaran Indah V, Baranangsiang, Bogor, yang dipenuhi mobil parkir, Selasa (18/7/2023).

Jika mobil sampai bergeser maju atau mundur, maka beban kendaraan akan menjadi penghalang tuas matik saat dipindahkan dari P ke posisi lain, sehingga tuas matik menjadi keras jika dipaksakan bisa merusak komponen transmisi.

Baca juga: Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?

2. Cerita Orang Pertama yang Touring Motor Jakarta-Surabaya pada 1917

Gerrit de Raadt dengan Rudge Ulster  Foto: Koleksi Perpustakaan Nasional RI Gerrit de Raadt dengan Rudge Ulster

Menariknya touring motor di awal abad 20 tersebut bukan hanya soal jarak tapi juga waktu tempuh. Pengendara berlomba mencatatkan waktu paling cepat dari Jakarta-Surabaya yang jika ditarik garis lurus sekitar 780 Km.

Mengutip buku "Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini," orang pertama di Indonesia yang melakukan touring motor Jakarta-Surabaya tercatat dilakukan oleh Gerrit de Raadt pada 1917.

Baca juga: Cerita Orang Pertama yang Touring Motor Jakarta-Surabaya pada 1917

3. Ingat, Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun

Bisakah bayar pajak kendaraan dengan alamat yang berbeda dari STNK dan KTP.DOK. SHUTTERSTOCK/Abm p.poed Bisakah bayar pajak kendaraan dengan alamat yang berbeda dari STNK dan KTP.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap mengimplementasikan aturan penghapusan data regident ranmor terhadap ranmor yang tidak melaksanakan pengesahan STNK atau mati pajak selama dua tahun setelah habis masa berlaku STNK-nya.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, dalam UU Lalu Lintas Pasal 74 disebutkan bahwa masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor tidak membayarkan pajaknya selama dua tahun maka kendaraan tersebut menjadi ilegal.

Baca juga: Ingat, Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun

4. Ada Konser Coldplay, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar GBK

SIG turut berpartisipasi dalam revitalisasi kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang perhelatan Asian Games 2018, dengan mengaplikasikan produk ThruCrete yang mampu meresapkan air ke dalam tanah pada jalur pejalan kaki dan lintasan jogging.Dok. SIG SIG turut berpartisipasi dalam revitalisasi kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang perhelatan Asian Games 2018, dengan mengaplikasikan produk ThruCrete yang mampu meresapkan air ke dalam tanah pada jalur pejalan kaki dan lintasan jogging.

Grup musik asal Inggris Coldplay akan melangsungkan konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Rabu (15/11/2023).

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di sekitar GBK, guna mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas di lokasi tersebut.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar GBK

5. Bus Baru PO Surya Bali Tampil Mewah Pakai Sasis Scania

Bus baru PO Surya BaliInstagram @dimasnurp_ Bus baru PO Surya Bali

Perusahaan otobus (PO) Surya Bali kembali meluncurkan satu unit bus baru. Menggunakan warna hitam, bus menghadirkan nuansa gahar namun berkelas dan mewah.

Secara kesuluruhan, bus menggunakan desain yang futuristik baik itu dari interior maupun eksterior. Apalagi, unit baru milik PO asal Pulau Dewata tersebut ditopang oleh sasis Scania K360IB. Sehingga unit ini tampil beda dengan bus milik Surya Bali sebelumnya.

Baca juga: Bus Baru PO Surya Bali Tampil Mewah Pakai Sasis Scania

 

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat