vadakkuvaasal.com

Pasang Panel Surya, Pabrik Daihatsu Diklaim Lebih Ramah Lingkungan

Pabrik perakitan Daihatsu di Karawang sudah menggunakan panel surya
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meningkatkan kualitas salah satu pabriknya dengan memasang panel surya. Sekarang, pabrik perakitan Daihatsu di Karawang jadi lebih ramah lingkungan.

Daihatsu mulai menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan sesuai dengan fokus SDGs Goal 13, yaitu Climate Action dalam mengurangi emisi karbon dioksida (CO2). Komitmen ini diwujudkan dengan melakukan implementasi energi terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya.

Baca juga: Pabrik Daihatsu di Karawang Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Pembangkit listrik di pabrik Daihatsu ini memiliki total kapasitas sebesar 3,2 Mega Watt peak (MWp) yang diresmikan pada 16 November 2023. Dalam pembuatannya, Daihatsu bekerja sama dengan PT Energia Prima Nusantara (EPN).

Pabrik perakitan Daihatsu di Karawang sudah menggunakan panel suryaDok. ADM Pabrik perakitan Daihatsu di Karawang sudah menggunakan panel surya

Sebelumnya, sudah dipasang juga panel surya di Parts Center Cibitung pada 2019, dan sebagian area di Karawang Assembly Plant pada 2021 dengan total sebesar 1,2 MWp.

Sehingga, secara keseluruhan panel surya ADM memiliki kapasitas total sebesar 4,4 MWp dan mampu berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon hingga sebesar lebih dari 3.300 Ton CO2 per-tahun.

Baca juga: Permintaan Meningkat, Pabrik Daihatsu Kembali Produksi 2 Shift

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu. / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Erlan Krisnaring, Wakil Presiden Direktur PT ADM, mengatakan, pihaknya bersyukur dapat menerapkan panel surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan yang selaras dengan visi Daihatsu. Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Erlan, dalam keterangan resminya, Jumat (17/11/2023).

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat