vadakkuvaasal.com

Honda Jazz Parkir Setahun di Pinggir Jalan, Ini Estimasi Kerusakan dan Biaya Servis

Mobil Honda Jazz yang terparkir di Jalan Medoho, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).
Lihat Foto

JAKARTA, - Belum lama ini mobil Honda Jazz viral di media sosial karena sudah lebih dari satu tahun terparkir di Jalan Medoho, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Honda Jazz warna perak itu kemudian dipindahkan setelah adanya pengaduan dari warga. Sejumlah warga meminta mobil dipindahkan karena mengganggu lalu-lintas di lokasi pada saat jam sibuk.

Baca juga: Rencana Smoked Garage Mulai Aktif ke Elektrifikasi

Kepala Bidang Pengendalian dan Pentertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Dody Febrianto, mengatakan telah menerjunkan petugas untuk menindaklanjuti pengaduan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@kompascom)

"Menurut informasi itu dulunya mobil anggota Polda Jateng," kata Dody, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (20/11/2023), dilansir dari Regional , Jumat (23/11/2023).

Dilihat dari tampilannya mobil tersebut memang terparkir dan terjemur di bawah matahari cukup lama. Bagian bodinya berdebu dan terlihat ada sedikit penyok di bagian bagasi atau bodi belakang.

Namun selain eksterior, mobil yang tidak pernah dipakai dan dibiarkan menganggur lama seperti itu bisa merusak bagian mekanikal.

Denny Sulistyo, Techincal Support Honda Jakarta Center, mengatakan, hal pertama yang mesti diperhatikan pada mobil yang lama tidak digunakan ialah kondisi oli mesin.

Baca juga: Dekati Warga Jaksel, Subaru Buka Diler Baru di Tebet

Ilustrasi bengkel HondaDok. HPM Ilustrasi bengkel Honda

"Kalau dia terparkir lebih dari setahun seperti itu yang jelas secara kasat mata itu oli sudah harus ganti. Karena kita tidak tahu selama parkir itu ada oksidasi dari embun dan lain sebagainya," kata Denny kepada , Kamis (23/11/2023).

"Kemudian kondisi ban, kondisi karet ban sudah rusak walaupun kembangannya masih tebal karena dibiarkan lama. Selebihnya baiknya dibawa ke bengkel untuk dilakukan general check up," kata Denny.

Denny mengatakan, mobil harus dicek secara menyeluruh untuk mengetahui kondisinya. Jika mobil dibawa ke bengkel resmi maka bengkel akan langsung mengecek dan mengkalkulasi berapa biaya yang mungkin harus ditanggung pemilik.

Baca juga: Transaksi GIIAS Bandung Diprediksi Rp 1 Triliun Lebih

"Untuk biaya servis tergantung dari Km (jarak tempuh mobil). Di Honda kita siapkan tiga jenis oli, dan di bengkel sudah disiapkan estimasinya, mereka akan cek kisaran harganya," katanya.

Ilustrasi perawatan berkala mobil di bengkel resmi HondaDok. HPM Ilustrasi perawatan berkala mobil di bengkel resmi Honda

Selain itu tak lupa juga untuk mengecek aki. Mobil yang dibiarkan terlantar dan tidak dihidupkan selama setahun kemungkinan besar aki soak dan mesti ganti.

Di market place harga aki mobil bervariasi dan untuk Honda Jazz aki merek GS tipe Maintenance Free atau MF dengan kapasitas ampere 35Ah dibanderol mulai harga Rp 760.000.

"Untuk biaya servis tergantung dari Km (jarak tempuh mobil). Di Honda kita siapkan tiga jenis oli, dan di bengkel sudah disiapkan estimasinya, mereka akan cek kisaran harganya," ucapnya.

"Kalau untuk oli itu harganya mulai Rp 400.000, sedangkan biaya jasa perawatan itu tergantung dari kondisi, tapi biasanya general cek up bisa Rp 400.000," kata Denny.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat