vadakkuvaasal.com

Fatalnya Abaikan Pergantian Oli Gardan

Ilustrasi gardan mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Bagi pengguna mobil dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD), pantang untuk melupakan pergantian oli gardan yang fungsinya untuk melumasi komponen di dalam layaknya oli mesin.

Seperti diketahui, pada gardan, terdapat banyak komponen penyambung berupa gir dan lainnya untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda.

Komponen-komponen tersebut seperti, ring gear, spider gear, drive pinion gear, dan lainnya membutuhkan pelumas.

Bila oli gardan pergantiannya tak diperhatikan, otomatis akan menimbulkan keuasan pada komponen tersebut. Potensi terbesar bila didiamkan akan membuat kerusakan, sehingga pemilik mobil harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Baca juga: Ragam Fitur Baru yang Jadi Modal Terios Facelift

Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu ZebraTangkapan layar Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu Zebra

Sebelumnya,Didi Ahadi Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, ada potensi yang menyebabkan terjadinya selip bila pergantian oli gardan tak diperhatikan.

"Jika penggantian oli gardan tidak berkala, akan ada jarak antar gir yang menyebabkan selip karena posisi gir tidak presisi," ujar Didi.

Perlu diketahui, kondisi oli gardan yang habis atau telah terkontaminasi karena lama tak diganti, dapat mengganggu perputaran roda dan berdampak pada kemampuan pengendalian.

Hal tersebut terjadi karena kualitas oli yang sudah menurun. Pada beberapa kasus, bahkan sampai menyebabkan keausan di komponen imbas gesekan yang terjadi sehingga menyebabkan kerusakan berat.

Baca juga: Alasan Mengapa Lane Hogger Perlu Ditilang di Tol


Dengan demikian, baiknya bagi para pemilik mobil yang masih mengusung sistem penggerak roda belakang selalu memperhatikan jadwal pergantiannya.

Menurut Didi, waktu pergantian oli gardan standarnya dilakukan setiap 40.000 kilometer (km) atau dua tahun pemakaian mobil, mana yang tercapai lebih dulu.

Namun hal tersebut harus dipastikan dari buku manual, pasalnya setiap merek mobil punya jadwal masing-masing.

Sementara untuk jenis oli gardan yang digunakan, biasanya untuk mobil sport utility vehicle (SUV), pikap, dan kabin ganda disarankan menggunakan single grade dengan spesifikasi SAE90 atau SAE140. Hal ini karena beban kerja mobil lebih besar dari tipe mobil keluarga.

Pengecekan mobil di bengkel resmi ToyotaAuto2000 Pengecekan mobil di bengkel resmi Toyota

Untuk mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV), city car, atau sedan, pergantian oli gardan bisa menggunakan pelumas multigrade dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat