vadakkuvaasal.com

Jangan Salah, Mobil FWD Juga Punya Gardan

Gardan menjadi satu bagian dengan transmisi untuk mobil penggerak roda depan (FWD)
Lihat Foto

SLEMAN, - Gardan atau diferensial merupakan komponen yang berperan mengamankan perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri selaku penggerak.

Ketika mobil berbelok maka dibutuhkan perbedaan putaran roda kanan dan kiri sehingga tidak terjadi ketegangan pada as roda selaku komponen penggerak.

Rupanya, gardan tidak hanya ada pada mobil penggerak roda belakang (RWD) karena mobil penggerak roda depan (FWD) juga membutuhkannya.

Baca juga: Daftar Fitur Pendukung Mobil FWD dalam Melibas Tanjakan

Ilustrasi gardan mobilGhulam Ilustrasi gardan mobil

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan gardan pada mobil FWD terdapat di dalam transmisi, menjadi satu.

“Wujudnya gardan pada sistem FWD tidak terlihat karena menyatu dengan transmisi, namun perannya bisa dirasakan terutama saat mobil berbelok,” ucap Hardi kepada , Selasa (28/11/2023).

Hardi mengatakan dengan adanya gardan maka roda kanan dan kiri akan berputar lebih harmonis menyesuaikan kebutuhan.

Saat mobil melaju lurus maka putaran roda penggerak kanan dan kiri sama cepat. Namun. ketika berbelok maka roda di sisi dalam akan berputar lebih pelan sementara satunya lebih cepat.

Baca juga: Ini yang Bikin Mobil FWD Lebih Irit BBM

Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu ZebraTangkapan layar Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu Zebra

“Dengan adanya gardan maka perbedaan putaran roda kanan dan kiri tidak akan membuat tegang poros as roda akibat gaya puntir, ini dibutuhkan sistem FWD juga,” ucap Hardi.

Hanya saja, gardan pada mobil FWD tidak membutuhkan perawatan khusus menurut Hardi, karena pelumas yang digunakan ikut dengan oli transmisi.

“Baik transmisi manual atau matik sama saja, konsumen tidak perlu mengganti oli gardan secara terpisah, ikuti saja jadwal ganti oli transmisi, sedangkan mobil RWD oli gardan harus diganti terpisah,” ucap Hardi.

Baca juga: Apa Benar Biaya Perawatan Mobil FWD Lebih Mahal dari RWD?

Menurut Hardi perawatan gardan pada mobil FWD satu paket bersama perawatan transmisi sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan uang berlebih.

Jadi, meski mobil FWD memiliki gardan konsumen tidak berkewajiban merawatnya secara khusus karena lokasi komponennya berada di dalam transmisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat