vadakkuvaasal.com

Tol Solo-Yogyakarta Akan Dibuka Fungsional Saat Liburan Nataru

Kendaraan keluar dari jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023).
Lihat Foto

JAKARTA, – Ruas Tol Solo-Yogyakarta bakal dibuka secara fungsional saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Rencananya, pembukaan secara fungsional dimulai dari Kartasura, Sukoharjo hingga di exit tol Karanganom di wilayah Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten.

Guna pengamanan arus lalu lintas ketika tol dioperasikan secara fungsional, Polres Klaten berencana mendirikan pos pengamanan fungsional di exit tol Karanganom di Desa Kuncen.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok mengatakan, sudah ada supervisi dari Ditlantas Polda Jateng terkait beroperasinya Tol Solo-Yogyakarta.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Konversi Rp 4 Juta, Termurah di Indonesia

Kondisi Ruas Tol Solo-laten yang merupakan bagian dari proyek Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4/2023). Sepanjang 6 kilometer dari ruas ini akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023./Hilda B Alexander Kondisi Ruas Tol Solo-laten yang merupakan bagian dari proyek Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4/2023). Sepanjang 6 kilometer dari ruas ini akan dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Salah satu poin supervisi tersebut adalah pengoperasian tol secara fungsional itu dilakukan untuk memecah arus lalu lintas dari Gerbang Tol Colomadu.

Kabarnya, salah satu pos pengamanan Polres Klaten bakal ditempatkan di exit tol Karanganom di wilayah Desa Kuncen.

“Kami sudah koordinasi pihak jalan tol dan Dishub. Nanti ada jam berlakunya dan mungkin akan ditentukan tanggalnya kapan dilaksanakan,” ujar Riki, dilansir dari NTMC Polri (2/12/2023).

Baca juga: Pinjamkan KTP untuk Pengajuan Kredit Motor, Seorang Debitur Dipenjara 1 Tahun

“Nanti kami koordinasi dengan pihak tol kapan akan dilaksanakan satu arah ke arah Klaten dan kapan ke arah sebaliknya. Nanti akan kami sosialisasikan,” kata dia.

Berbeda dengan pengoperasian Tol Solo-Yogyakarta ketika libur Lebaran yang lalu, ruas tol yang nanti dibuka bakal lebih panjang jaraknya.

Pada Lebaran 2023, Tol Solo-Yogyakarta dibuka fungsional sepanjang 6 km dari Ngasem sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali.

Sementara saat libur Nataru nanti, tol dibuka sepanjang 13 km dari Kartasura hingga Karanganom, Klaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat