vadakkuvaasal.com

Mengenal Mobil Pertama di Dunia

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.
Lihat Foto


JAKARTA, - Mobil merupakan salah satu moda transportasi paling populer saat ini. Di awal perkembangannya mobil didesain guna menggantikan kereta kuda untuk mengangkut penumpang.

Secara definisi kata automobile atau car atau mobil, diartikan sebagai kendaraan beroda yang menyandang mesin sendiri dan berfungsi memindahkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Retak Rambut pada Kaca Mobil?

Kata automobile berasal dari bahasa Perancis yang merupakan gabungan dari dua kata asing, yaitu auto dari bahasa Yunani kuno yang berarti sendiri, dan mobilis yaitu bahasa latin yang berarti bergerak.

Lantas siapa penemu mobil pertama kali?

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance./Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.

Menilik dari sejarahnya, penemu mobil pertama adalah Nicolas-Joseph Cugnot, seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, yang membuat mobil roda tiga bertenaga uap pertama kali pada 1769.

Dilansir dari buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini karya James Luhulima, walau Cugnot sering dianggap sebagai pencipta mobil klaim tersebut kerap digugat oleh beberapa ahli.

Baca juga: Bus Hello Kitty Balap Tambah Unit Baru Pakai Jetbus 5

Alasannya ialah kendaraan beroda tiga yang dibuat oleh Cugnot tersebut bukan mobil, karena kendaraan itu hanya bergerak lurus beberapa meter saja dan langsung terhenti karena menghantam tembok.

Adapun mobil bermesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) yang kemudian dianggap sebagai mobil pertama di dunia ialah mobil Benz Patent Motorwagen ciptaan Karl Friedrich Benz.

Pada 29 Januari 1886, Imperial Patent Office yang berkedudukan di Berlin, Jerman, memberikan paten No. 37435 kepada Karl Benz untuk mobil beroda tiga buatannya.

Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888Wikimedia Commons Koran bergambar mobil-motor paten Benz pada 1 Desember 1888

Benz Patent Motorwagen menggunakan mesin berpenggerak 4-tak, 1-silinder berkapasitas 984 cc, berbahan bakar bensin (benzene) yang pada saat itu bernama ligroin.

Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 0,9 PK pada 400 rpm dan punya kecepatan maksimum 17 km per jam.

Surat kabar Neue Badische Landeszeitung, pada 4 Juni 1886 menulis berita dengan judul "Sepeda Beroda Tiga Buatan Benz Menghasilkan Tenaga Hampir 1 PK."

Baca juga: Hindari Mendengarkan Musik Saat Mengendarai Motor

"Perusahaan itu... pada saat ini memproduksi sepeda beroda tiga, yang digerakkan oleh sebuah mesin yang desainnya dapat disetarakan dengan mesin berbahan bakar gas. Mesin itu, yang memiliki 1 silinder dengan diameter 9 sentimeter, dan di tempatkan pada per (pegas) di atas as (poros) roda belakang, tepat di tengah-tengah," tulis buku.

"Walaupun penampilannya rentan (kurang meyakinkan), tapi mesin  itu dapat menghasilkan tenaga hampir 1 PK, pada 300 putaran mesin per menit (rpm). Itu berarti kendaraan itu dapat melaju secepat kereta api," tulis buku dilansir Selasa (12/12/2023).

James Luhulima, yang pernah menumpang di replika Benz Patent Motorwagen di Frankfurt Motor Show 2007, menulis dalam buku bahwa suara mobil tersebut seperti mesin pemotong rumput (mower).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat