vadakkuvaasal.com

Ini Cara Mengetahui Mobil Bekas Pernah Turun Mesin atau Belum

Inspeksi mesin mobil bekas
Lihat Foto

SLEMAN, - Setiap kendaraan akan mengalami penyusutan harga jual seiring pemakaian. Hal ini berkaitan dengan terjadinya penurunan performa atau fungsi pada masing-masing komponennya.

Sehingga, calon pembeli harus mampu memeriksa kondisi mobil bekas untuk mendapatkan kesepakatan harga yang sesuai.

Tidak hanya soal penurunan performa, namun riwayat perbaikan juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas. Bagaimanapun proses perbaikan besar seperti turun mesin perlu diperhatikan.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Eropa Bekas di Bawah Rp 50 Juta Desember 2023

Kondisi mesin mobil bekas kotor. Kualitasnya masih cukup baik, namun butuh pembenahan/Daafa Alhaqqy Kondisi mesin mobil bekas kotor. Kualitasnya masih cukup baik, namun butuh pembenahan

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan setiap mobil bekas yang hendak dibeli harus dipastikan dalam kondisi prima siap pakai.

“Mesin merupakan bagian penting pada mobil, sehingga pembeli perlu mengetahui kondisinya prima atau tidak, seperti apa riwayat perbaikannya dan lain-lain, sehingga pembeli tahu kondisi unit secara menyeluruh,” ucap Hardi kepada , Rabu (14/12/2023).

Hardi mengatakan riwayat perbaikan mobil seperti turun mesin bisa menjadi kabar baik dan juga buruk, terlebih lagi sebagai pembeli tidak tahu riwayatnya secara pasti.

Baca juga: Ini 5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Sepanjang 2023

Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat/Daafa Alhaqqy Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat

“Jika proses turun mesin dilakukan dengan baik dan benar, maka itu akan menjadi nilai tambah tapi jika perbaikannya asal-asalan itu bisa jadi bencana terkait komponen yang diganti, prosedur yang benar dan sejenisnya,” ucap Hardi.

Selanjutnya, Hardi juga menjelaskan ciri-ciri suatu mobil sudah pernah turun mesin atau belum, sehingga konsumen bisa mengetahuinya tanpa bisa dibohongi.

“Mobil yang pernah turun mesin bisa dilihat dari sealant atau lem antar komponen mesin, jika warna dan bentuknya sudah tidak sama persis dengan bawaan pabrik maka itu sudah pernah dibongkar,” ucap Hardi.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, dari MPV hingga City Car

Mesin yang baru saja turun mesin biasanya kering atau tidak ada rembesan oli atau terkotori dengan debu pada area dinding mesin. Karena proses turun mesin standarnya membersihkan komponen mesin luar dalam.

“Bisa juga terdapat goresan atau posisi baut-baut sudah berubah dilihat dari marking yang ada, itu menandakan mesin pernah dibongkar,” ucap Hardi.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat