vadakkuvaasal.com

Operasi Lilin Siap Dimulai, Waspada Puncak Arus Mudik Libur Nataru

Pengendara melintasi busway atau jalur transjakarta di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (13/11/2023) pagi.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kepolisian Republik Indonesia akan menggelar Operasi Lilin Jaya 2023 dimulai pekan ini, sehubungan dengan memastikan pengamanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, operasi tersebut akan berlangsung selama 12 hari dan dimulai pada Jumat, 22 Desember 2023.

"Operasi ini akan dilaksanakan selama 12 hari dengan sandi Operasi Lilin Jaya 2023. Tentunya berlaku di Polda Metro Jaya dan seluruh jajaran Polres Metro dan Polsek yang ada di wilayah Polda Metro Jaya," kata dia dalam keterangannya, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Awas Diputar Balik, Ada Radius Pembatasan Beli Tiket Feri di Pelabuhan

Trunoyudo mengatakan, akan ada puncak arus kendaraan pada 22-23 Desember 2023 dan arus balik pada 26-27 Desember 2023.

Selama periode tersebut, kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow atau pun sistem satu arah (one way).

Penutupan contraflow di JagorawiJASA MARGA Penutupan contraflow di Jagorawi

Selain itu, Polri juga menyediakan fasilitas parkir di kantor polisi bagi pemudik yang ingin menitipkan kendaraannya. Kemudian, masyarakat yang mudik atau melakukan perjalanan liburan juga diimbau melaporkan rumah yang ditinggalkan ke kantor polisi terdekat.

"Nantinya dapat didatakan dan dilaksanakan patroli," ujar dia.

Kemudian juga akan dilakukan pengamanan ekstra pada titik-titik kumpul masyarakat, mengingat ada malam pergantian tahun, masyarakat akan banyak melaksanakan aktivitas di tempat-tempat keramaian.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Cek Daftar Rest Area dengan SPBU di Tol Trans-Jawa

Pengamanan juga dilakukan di gereja bagi umat nasrani yang melakukan ibadah Natal.

Selain itu, di tengah perubahan cuaca yang memasuki musim hujan, kepolisian juga akan melakukan pengamanan dan langkah antisipasi jika terjadi bencana alam. Operasi penanganan bencana ini akan dilakukan oleh Satgas kontijensi Ops Aman Nusa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat