vadakkuvaasal.com

Estimasi Biaya Liburan Akhir Tahun dari Jakarta-Palembang Naik Toyota Avanza

Toyota All New Avanza
Lihat Foto


JAKARTA, - Musim liburan Natal dan Tahun Baru segera tiba. Pergi tamasya ke luar kota merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk mengisi liburan.

Pada musim liburan, tiket pesawat ataupun kereta api biasanya mengalami kenaikan. Menggunakan mobil sendiri tentu merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu kota tujuan yang banyak menjadi destinasi berlibur adalah Palembang. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata hingga warisan sejarah yang kaya untuk dikunjungi. Selain itu, akses Tol Trans Sumatera membuat Palembang kini jadi salah satu destinasi liburan menarik di pulau seberang,

Baca juga: H-7 Libur Nataru 2023/2024, 156.080 Kendaraan Keluar dari Jabotabek

Namun, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya hitung dulu estimasi biaya yang dibutuhkan.

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Palembang, akan melalui perjalanan darat melalui tol dalam kota menuju Tangerang, lalu lanjut ke Merak. Sesampainya di Pelabuhan Merak, pelancong harus menyeberang dengan kapal laut menuju Bakauheni.

Setelah sampai pelabuhan Bakauheni, perjalanan akan dilanjutkan menuju Tol Trans-Sumatera.

Berikut rincian tarif tol tiap ruas untuk kendaraan Golongan I, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Rabu (20/12/2023):

  • Tol Jakarta (Tomang IC)-Tangerang : Rp 5.500
  • Tangerang (Cikupa)-Merak : Rp 53.500
  • Bakauheni (Selatan)-Terbanggi Besar : Rp 183.500
  • Terbanggi Besar-Kayu Agung : Rp 170.500
  • Kayu Agung-Palembang (SS Kramasan) : Rp 50.000

GT Bakauheni Selatan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Berikut rincian tarif Tol Palembang-Lampung terbaru 2023, lengkap untuk semua golongan kendaraan.
Dok. PT Hutama Karya (Persero). GT Bakauheni Selatan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Berikut rincian tarif Tol Palembang-Lampung terbaru 2023, lengkap untuk semua golongan kendaraan.

Jika diakumulasi, total biaya tol untuk perjalanan Jakarta-Palembang untuk kendaraan Golongan I, mencapai Rp 463.000.

Untuk pelancong yang menggunakan Toyota Avanza, redaksi sudah pernah mengetes konsumsi BBM LMPV tersebut dan hasilnya 17,6 kilometer per liter.

Dengan jarak Jakarta-Palembang sekitar 532 Km, maka All New Avanza membutuhkan bensin sekitar 30,2 liter. Dengan harga Pertalite per Desember 2023 sebesar Rp 10.000, maka pelancong perlu meyiapkan uang bensin sebesar Rp 302.000.

Sedangkan untuk pemakaian Pertamax dengan harga Rp 13.350 per Desember 2023, maka biaya yang perlu dipersiapkan adalah Rp 403.170.

Selain biaya tol dan BBM, pelancong yang ingin berlibur dari Jakarta ke Palembang juga harus menyiapkan dana untuk menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Penyeberangan ini ditempuh dengan jarak 30,6 kilometer, dengan waktu kurang lebih 1 sampai 3 jam.

Foto stok: Mudik Pelabuhan Merak./KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mudik Pelabuhan Merak.
Ada dua tipe layanan yang bisa dipilih oleh pelancong, yakni regular dan express. Kedua layanan tersebut memiliki sejumlah perbedaan dari harga tiket, durasi perjalanan, hingga fasilitas.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat