vadakkuvaasal.com

Ini Mobil Listrik Pertama di Dunia

Kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.
Lihat Foto


JAKARTA, - Mobil listrik cepat atau lambat dipercaya akan jadi tren sebagai alat transportasi di masa depan. Mobil yang menggunakan energi listrik disebut lebih murah dan juga ramah lingkungan.

Sebetulnya mobil listrik telah ada jauh lebih lama dari yang dibayangkan. Jauh sebelum booming-nya Tesla, BYD, atau merek-merek mobil listrik lain yang saat ini dikenal sebagai pionir mobil listrik.

Baca juga: Voltron Dirikan 300 SPKLU Mobil Listrik sampai Akhir 2023

Faktanya, menurut caranddriver, mobil listrik telah muncul sebelum jenis mobil berbahan bakar internal (ICE), dan para penemu tidak pernah berhenti berusaha menjadikannya sebagai alat transportasi yang berguna.

Era awal mobil listrik disebut terjadi pada tahun 1830-an. Saat itu Robert Anderson dari Skotlandia, membuat kendaraan manggunakan kereta yang diberikan baterai dengan sel galvanik yang belum dapat diisi ulang.

Kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.Foto: Wikipedia Kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.

Namun kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.

Dilansir dari upsbatterycenter, tak banyak yang diketahui dari Andreas Flocken. Kisah hidupnya yang terekam ialah dia lahir pada 1845 di Albersweiler, Jerman, dan pekerjaan pertamanya adalah di pabrik traktor.

Baca juga: DCVI Siapkan 8 Titik Bengkel Siaga buat Truk dan Bus

Namun karena memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, Andreas Flocken kemudian memiliki bisnis sendiri pada usia 35 tahun.

Saat orang lain bereksperimen membuat mobil pembakaran dalam (ICE) dia justru tertarik dengan transportasi listrik model baru.

Sehingga pada 1888 lahir prototipe Flocken Elektrowagen yang disebut sebagai mobil listrik praktis pertama di dunia.

Kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.Foto: https://die-testfahrer.com/tag/flocken-elektrowagen/ Kredit sebagai mobil listrik pertama yang diakui di dunia ialah Flocken Elektrowagen, karya Andreas Flocken pada 1888, di Jerman.

Desain mobil listriknya saat itu masih sesuai zamannya. Bentuknya ala tempat duduk kereta kuda. Hanya saja oleh Andreas Flocken, ketera kuda itu dia modifikasi lagi dan menghilangkan kuda yang menarik di depan.

Baca juga: Lexus Pastikan Setop Penjualan Mobil BBM di Indonesia pada 2025

Spesifikasi mobil listriknya pun sangat sederhana. Motor listrik alias dinamonya berkekuatan 1 Tk dan digunakan untuk menggerakkan poros belakang melalui sabuk kulit. Berat kendaraan kosong 441 Kg dengan kecepatan maksimum 14 Km per jam.

Usai memperkenalkan prototipe pertama, pada 1903 Andreas Flocken merilis model kedua yang sudah mendapat pembaruan di beberapa titik.

Di awal abad 20 tersebut, mobil dilengkapi dengan setir stub-axle, dan pelek jari-jari dengan ban dengan ukuran yang sama. Mobil juga dibekali suspensi dengan pegas ulir dan kotak baterai di gardan depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat