vadakkuvaasal.com

Bikin Sistem Keyless dan Start Engine via Remote mulai Rp 1,5 Jutaan

Modifikasi kunci Ayla menjadi sistem push button
Lihat Foto

SLEMAN, - Mobil tua kini bisa tampil lebih muda sarat fitur modern dengan melakukan sedikit modifikasi.

Salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah mengubah kunci kontak mobil dengan tipe tombol atau start stop button.

Tidak hanya ubahan dari kunci manual menjadi keyless sistem, namun mobil juga bisa dibikin dapat melakukan start engine lewat remote begitu juga saat mematikannya.

Kabar baiknya, modifikasi ini bisa dilakukan pada semua jenis mobil tidak hanya pada mobil yang sudah dibekali immobilizer saja.

Baca juga: Daihatsu Ayla Pasang Remote Keyless, Mewah Meski Bukan Immobilizer

Modifikasi kunci Daihatsu Ayla menjadi sistem keylessTangkapan layar Modifikasi kunci Daihatsu Ayla menjadi sistem keyless

Yusuf, Pemilik Kunci Maestro Spesialis Immobilizer Key Yogyakarta mengatakan, memiliki mobil dengan fitur modern bukan lagi mimpi, karena kini semua mobil bisa dimodifikasi.

“Salah satu tren di masyarakat adalah mengubah kunci manual pada mobil menjadi keyless sistem, bahkan bisa menghidupkan mesin lewat remote, sama persis dengan mobil-mobil keluaran terbaru,” ucap Yusuf kepada , Jumat (29/12/2023).

Yusuf mengatakan, hanya dengan modal mulai Rp 1,5 jutaan, mobil bisa dibikin pakai sistem keyless dan bisa melakukan start engine lewat remote.

Baca juga: Bikin Motor Keyless Tanpa Remot, Menyalakan Mesin Pakai Sidik Jari

Duplikasi kunci mobil/Nanda Duplikasi kunci mobil

“Ada beberapa merek perangkat keyless yang dijual di pasaran, sehingga itu menentukan tarif modifikasinya,” ucap Yusuf.

Selain perbedaan merek dan kualitas bahan, Yusuf juga mengatakan beberapa perangkat juga dapat membuat sistem keyless menyerupai bawaan pabrik.

“Yang mahal itu jika perangkat yang dipakai dilengkapi tombol di gagang pintunya juga, seperti bawan pabrik jika sudah keyless kan bisa lock-unlock pintu lewat gagang pintu, selama remote dibawa pengemudi,” ucap Yusuf.

Baca juga: Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Diperbaiki

Modifikasi Daihatsu Ayla/Nanda Modifikasi Daihatsu Ayla

Meski demikian, Yusuf mengatakan, penggantian gagang pintu hanya dilakukan pada sisi pintu pengemudi yakni depan kanan. Sementara gagang pintu bagasi tidak tersedia.

“Biasanya mobil bawaan pabrik, tombol di gagang pintu ini ada di bagasi tapi yang modifikasi ini belum tersedia, fokusnya masih pada pintu depan kanan saja,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan, perangkat keyless ini dilengkapi module pengganti immobilizer, sehingga meski mobil tidak dibekali immobilizer tetap bisa merasakan ubahannya.

Baca juga: Lebih Baik Pasang Immobilizer atau Keyless buat Cegah Maling Motor?

Modifikasi Toyota Kijang Pikap/Nanda Modifikasi Toyota Kijang Pikap

“Begitu juga yang sudah dibekali immobilizer di anak kuncinya, sistem bisa ditambahkan sehingga immobilizer bisa dibikin keyless, tinggal ditambah antena saja,” ucap Yusuf.

Dengan demikian, modifikasi bisa disesuaikan dengan kondisi mobil. Jika ada beberapa sistem yang bisa digunakan akan dikombinasikan sehingga tidak ada perangkat yang tidak digunakan.

“Itu beberapa pilihan modifikasi saja, akan lebih enak lagi sebaiknya melakukan konsultasi kepada kami sebelum modifikasi, sehingga akan didapatkan ubahan sesuai keinginan konsumen,” ucap Yusuf.

Baca juga: Pasang Keyless untuk Yamaha Aerox dan NMax, Harga mulai Rp 2,5 Juta

Yusuf mengatakan, tarif modifikasi ini mulai Rp 1,5 jutaan sampai Rp 5 jutaan tergantung fitur, merek dan berkaitan dengan garansi.

Remote alarm mobil tidak hanya untuk lock-unlock, tapi juga ada fitur tambahan lainnya./Erwin Setiawan Remote alarm mobil tidak hanya untuk lock-unlock, tapi juga ada fitur tambahan lainnya.

“Yang paling murah ini sebenarnya juga sudah bagus kualitasnya, ini yang paling laku, dan bisa menyalakan mesin lewat remote juga, bedanya pas aktif lock-unlock tidak ada lampunya, tapi buzzer-nya ada, garansi juga sudah 6 bulan,” ucap Yusuf.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat