vadakkuvaasal.com

Toyota Avanza Hybrid Tinggal Tunggu Waktu

Toyota All New Avanza
Lihat Foto


JAKARTA, - All New Toyota Vellfire Hybrid resmi meluncur ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Mobil MPV mewah tersebut membuat gebrakan karena awalnya dikira yang hadir ialah Avanza Hybrid.

Isu mengenai kehadiran Avanza Hybrid memang menguat sejak akhir tahun lalu. Mobil sejuta umat itu akan jadi senjata baru Toyota di segmen elektrifikasi khususnya hybrid electric vehicle (HEV) kelas entry level.

Baca juga: MG Sebut Mobilnya Banyak Disukai Kaum Hawa

Wakil Direktur Utama PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) Bob Azam, mengatakan, kehadiran Avanza dengan dua jantung mekanis tersebut tinggal masalah waktu.

Toyota All New Avanza/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

"Ya matters of time (masalah waktu)," ujar Bob singkat saat peluncuran Vellfire Hybrid di JIExpo, Kemayoran, Jakarta belum lama ini.

Saat ditanya mengenai waktu peluncuran, Bob berkilah semua tergantung permintaan pasar.

"Ya lihat pasarnya saja," ungkap Bob.

Baca juga: Harga Resmi Tiket MotoGP Mandalika 2024, mulai Rp 700.000

Bicara data, mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu total penjualan ritel mobil di Indonesia sebesar 998.059 unit, turun sekitar 2 persen dari tahun 2022 sebesar 1.013.582 unit.

Adapun segmen elektrifikasi terdiri dari hybrid (HEV), Plug-in Hybrid (PHEV) dan mobil listrik (BEV). Tahun lalu gabungan ketiganya terjual 64.933 unit atau 6,51 persen dari total penjualan mobil nasional.

Toyota Avanza EV buatan PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa Rancaekek Bandung/FATHAN RADITYASANI Toyota Avanza EV buatan PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa Rancaekek Bandung

Kemudian bila dirinci, penjualan mobil hybrid sebesar 46.756 unit dengan market share 4,68 persen, sedangkan mobil listrik hanya terjual 18.178 unit atau tak sampai 2 persen yakni tepatnya 1,82 persen.

Baca juga: Suzuki Jadi Booth Outdoor Terfavorit Pengunjung IIMS 2024

Kalau disederhanakan pasar electric vehicle alias EV, baru mengambil porsi 6,5 persen dari pasar mobil nasional. Namun dari jumlah tersebut komposisi hybrid terjual empat kali lipat ketimbang mobil listrik.

Desas-desus Avanza Hybrid sendiri kian menguat setelah Mitsubishi melansir Xpander Hybrid di Thailand beberapa pekan lalu. Walaupun varian baru itu meluncur di Thailand dan juga belum masuk ke Indonesia.

Sejak 2022, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga telah menghadirkan Suzuki Ertiga Hybrid. Bedanya dengan Xpander HEV, produk Suzuki masih berteknologi mild hybrid atau dijuluki smart hybrid.

Mitsubishi Xpander HEV alias Xpander Hybrid resmi meluncur di Thailand, harga mulai Rp 400 jutaanMitsubishi Thailand Mitsubishi Xpander HEV alias Xpander Hybrid resmi meluncur di Thailand, harga mulai Rp 400 jutaan

Baca juga: Sewa Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Mulai Rp 20 Jutaan per Bulan

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pihaknya terus mempelajari dan mengkomunikasikannya dengan prinsipal.

"Sabar, kita melihat karena mempersiapkan produk ini tidak mudah ya. Banyak hal yang perlu kami persiapkan dan bicarakan di internal, dari fitur dan harga, spesifikasi fitur dan cara jualnya," kata Anton.

Sejauh ini Toyota punya sembilan mobil hybrid di Indonesia, mulai Camry HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, C-HR HEV, Corolla Altis HEV, Corolla Cross HEV, Yaris Cross, Innova Zenix HEV, RAV4 GR Sport PHEV.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat