vadakkuvaasal.com

Mahasiswa UGM dan UI Pamerkan Karya Kelas Dunia di IIMS 2024

satu unit mobil formula 1 karya mahasiswa asal UGM
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Menyemarakkan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Bimasakti Racing Team dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan UI Racing Teams dari Universitas Indonesia (UI) menampilkan dua kreasi unit mobil formulanya, di Hall C JIExpo Kemayoran Jakarta pada 15-25 Februari 2024.

UI Racing Team yang menyabet penghargaan pada kompetisi Formula Student Czech di Republik Ceko pada tahun 2023 menghadirkan mobil rancangan terbaru mereka yakni UIRT-02.

Di sisi lain, tim Universitas Gadjah Mada membawa Mobil Bimasakti Gen-12 (BM-12) penerima penghargaan pada kompetisi Formula SAE Italy 2023.

Baca juga: Jumlah Pengunjung IIMS 2024 Meningkat 20 Persen

Mobil Formula 1 karya mahasiswa asal UIIST Mobil Formula 1 karya mahasiswa asal UI

Kedua unit ini ditampilkan dengan finishing painting cat yang didukung penuh oleh Belkote Paints brand cat anak bangsa.

Proses pengerjaan mobil formula BM-12 ini sendiri menghabiskan waktu kurang lebih 8 bulan. Corak lukisan yang langsung dilukis menggunakan tangan pada badan BM-12 juga merupakan hasil kolaborasi tim Bimasakti dengan PT Bintang Chemical Indonesia, produsen Belkote Paints, dan seniman asal Jogja, Radja TJ Painting Studio.

Dukungan dari PT Bintang Chemical Indonesia hadir dalam bentuk dukungan produk cat yang dibutuhkan oleh tim Bimasakti, dan juga biaya perawatan penuh selama periode dukungan tersebut. Pembuatan desain dan juga pengecatan oleh seniman Radja TJ studio pun sepenuhnya didukung oleh pihak produsen cat Belkote Paints ini.

Baca juga: Chery Bawa Pulang Empat Penghargaan pada IIMS 2024

Kolaborasi Belkote Paints pada proses livery mobil BM-12 milik Bimasakti Racing Team UGMIST Kolaborasi Belkote Paints pada proses livery mobil BM-12 milik Bimasakti Racing Team UGM

Metode pengecatan langsung oleh seniman painting pun sekaligus menandai perkembangan signifikan unit generasi ke-12 ini karena pada generasi sebelumnya hanya mengandalkan stiker untuk tampilan luar dari unit-unit yang akan dibawa pada kompetisinya.

Novan, Public Relations dari Bimasakti Racing Team UGM mengatakan kehadiran mereka di kompetisi Formula SAE Italy tersebut disambut positif oleh banyak pihak karena desain serta livery painting khas dengan perpaduan unsur wayang dan bendera Indonesia.

“Keunikan desain ini membuat unit kami menjadi materi publikasi Formula SAE Italy. Pada kompetisi ini, kami merupakan formal student team yang pertama kali menggunakan hand-painted livery, dan kami berhasil memenangkan beberapa penghargaan, ” ucap Novan.

Baca juga: Chery Bawa Pulang Empat Penghargaan pada IIMS 2024

UI Racing Team bersama Mobil terbarunya UIRT-02IST UI Racing Team bersama Mobil terbarunya UIRT-02

Penghargaan yang diraih yakni 1st place Business Plan presentation, Top 5 Endurance, Top 5 Efficiency, Top 5 Autocross, Top 5 Skidpad, Top 6 Acceleration, dan juga menduduki peringkat ke-8 dalam Overall Ranking.

Pyrenadi, Ketua UI Racing Team, turut menyatakan bahwa sebenarnya tidak mudah bagi mereka untuk pertama kalinya mewakili negara Indonesia di perlombaan Eropa.

“Kami bekerja keras dengan konsisten selama 1,5 tahun agar bisa mencapai mimpi itu dengan dukungan banyak pihak. Ternyata semua itu terbayar dan kami bangga karena kami bisa mendapat peringkat 7 di Business Plan, peringkat 10 di Cost and Manufacturing, serta peringkat 14 di Engineering Design.” ucap Pyrenadi.

Baca juga: Rahasia Keunggulan 3 Mobil Listrik BYD yang Ada di IIMS 2024

Bimasakti Racing Team UGM bersama dengan kreasi mereka mobil BM-12IST Bimasakti Racing Team UGM bersama dengan kreasi mereka mobil BM-12

Selama penyelenggaraan IIMS, tim UI Racing ingin memberikan edukasi mengenai tahapan pengecatan dengan menampilkan body UIRT-02 separuh sisi sudah melalui proses livery atau pengecatan, dan sisi yang lain masih memperlihatkan kondisi pada proses pengecatan.

“Kita memilih produk Belkote karena Belkote memiliki reputasi yang sangat baik dan kualitas unggul. Terlebih lagi Belkote merupakan produk buatan Indonesia, sejalan dengan tujuan kami untuk menunjukkan kualitas Indonesia kepada dunia,” ungkap Pyrenadi.

PT Bintang Chemical Indonesia, produsen cat anak Bangsa Belkote Paints, mendukung kedua tim ini sepenuhnya dalam proses pengecatan untuk bisa membawa unit-unit kreasi anak bangsa di kancah internasional.

Baca juga: Bisa Bikin Mobil Replika di IIMS 2024, Bagaimana Surat-suratnya?

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat