vadakkuvaasal.com

Honda Pastikan Mobilio Masih Dijual

Honda Mobilio
Lihat Foto

JAKARTA, - Pasar mobil keluarga 7-penumpang saat ini masih menjadi salah satu kontributor utama terhadap pertumbuhan sektor kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia.

Seiring dengan hal itu, berbagai pabrikan pun sontak kerap memberikan sentuhan baru yang segar, guna memenangi persaingan pasar. Strategi tersebut bahkan diikuti brand baru seperti Hyundai.

Hanya saja, langkah berbeda diambil oleh Honda. Bahkan saat ini, kendaraan berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalannya yaitu Mobilio, absen dari pameran otomotif akbar IIMS 2024.

Baca juga: Survei Honda, Orang Jakarta Beli Mobil Listrik karena FOMO

Honda Prospect Motor (HPM) ikut memeriahkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Salah satu model yang jadi unggulan Honda di booth ialah Honda Accord RS e:HEV.
Foto: Honda Honda Prospect Motor (HPM) ikut memeriahkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Salah satu model yang jadi unggulan Honda di booth ialah Honda Accord RS e:HEV.

Menanggapinya, Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui bahwa memang terdapat pergeseran fokusan pengembangan produk kendaraan penumpangnya.

"Sekarang kami fokus ke LSUV 7-seater. Karena, mengikuti infrastruktur di Indonesia. Masyarakat suka yang ground clearance tinggi, modelnya pun lebih dinamis," kata dia belum lama ini.

Dalam aspek penjualan, pasar SUV pun terbukti terus berkembang di Tanah Air dengan rata-rata penguasaan pasar alias market share di 28 persen.

Baca juga: Mobil Listrik Impor Resmi Bebas PPnBM, Ini Ketentuannya

Pasar SUV pun memberikan kontribusi terbesar untuk Honda Indonesia. Di mana, berkontribusi sebesar 51,3 persen terhadap penjualan seluruh model sepanjang 2023.

Sementara pasar LMPV nasional pada 2023 lalu, terus stagnan pada level 15-18 persen.

"Market share-nya sekarang sudah 28 persenan secara nasional SUV dan LSUV, kalau dijumlah," ucap Billy.

"Walau begitu, tetap kita jual. Tenang saja," lanjutnya.

Baca juga: Chery Optimistis Mobil PHEV Bakal Diminati Konsumen

Suasana pameran IIMS 2024 Suasana pameran IIMS 2024

Meski masih dijual, sejatinya Mobilio sudah dipasarkan secara terbatas atau spot order. Kebanyakan, mobil dibeli oleh perusahaan alias fleet dengan dua pilihan varian, tipe S M/T dan E CVT.

Berdasarkan data Gaikindo, pada 2023 lalu total Mobilio yang terjual di Indonesia sebanyak 1.547 unit.

Artinya tiap bulan, rata-rata hanya ada 129 unit Mobilio yang didistribusikan dari pabrik ke diler.??Sementara pada Januari 2024 kemarin, Honda hanya mengirimkan 121 unit Mobilio ke diler, di mana varian S menguasai 99 persennya atau 120 unit.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat