vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak | Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Relawan SAR DIY Distrik Bantul bersama Polri, TNI, Satpol-PP, Paksi Katon dan dibantu sejumlah unsur relawan lainnya membantu pengemudi yang tak kuat menaklukkan tanjakan di Jalur Cinomati, Bantul, Senin (30/12/2019).
Lihat Foto

JAKARTA, - Mobil dengan transmisi manual dianggap lebih responsif dan bertenaga, termasuk ketika dituntut untuk melewati jalan menanjak.

Secara konstruksi, antara transmisi manual dan matik memiliki pengaturan rasio percepatan masing-masing sehingga torsi maksimal tetap bisa dihasilkan dengan baik selama tidak terjadi kendala. Lantas, apa yang menyebabkan mobil transmisi manual bisa mengalami gagal menanjak?

Selain itu, teknik berkendara setengah kopling diperlukan pada mobil transmisi manual saat kondisi tertentu. Dengan teknik ini, maka putaran mesin bakal tersambung secara perlahan dengan transmisi.

Penyambungan putaran mesin dengan transmisi memang harus dilakukan dengan lembut agar mesin tidak mati mendadak. Hal ini bisa dilakukan bila pengemudi menguasai teknik setengah kopling dengan baik.

Hanya saja, teknik ini hanya boleh digunakan saat dibutuhkan saja, jika tidak maka kampas kopling akan lebih cepat aus.

Baca juga: Mobil dan Motor Custom Perlu Diuji Ulang supaya Legal di Jalan

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 28 Februari 2024 :

1. Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak

Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauikscreenshoot/Instagram SitinjauLauik_ID Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauik

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan dilihat dari segi konstruksi kedua transmisi yakni automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT) memang ada perbedaan mendasar. 

Baca juga: Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak

2. Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan teknik setengah kopling diperlukan saat awalan mobil mau jalan, tapi bila diterapkan pada pemakaian yang tidak tepat justru bisa merusakan.

“Jangan mengoperasikan setengah kopling untuk waktu yang lama, gunakan teknik ini untuk awalan saja, saat mobil berhenti akan melaju agar perpindahan percepatan terjadi lebih lembut” ucap Ibrohim kepada , belum lama ini.

Baca juga: Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

3. Pengguna Mobil Manual Jangan Sembarangan Memainkan Setengah Kopling

Menginjak pedal gasPokPak05 Menginjak pedal gas

Teknik berkendara setengah kopling diperlukan pada mobil transmisi manual saat kondisi tertentu. Dengan teknik ini, maka putaran mesin bakal tersambung secara perlahan dengan transmisi.

Penyambungan putaran mesin dengan transmisi memang harus dilakukan dengan lembut agar mesin tidak mati mendadak. Hal ini bisa dilakukan bila pengemudi menguasai teknik setengah kopling dengan baik.

Baca juga: Pengguna Mobil Manual Jangan Sembarangan Memainkan Setengah Kopling

4. Belajar dari Peristiwa Xenia RWD Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob

Daihatsu Xenia tabrak temboktiktok.com/@seputartanjakanspongebob Daihatsu Xenia tabrak tembok

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat