vadakkuvaasal.com

Menguji Performa dan Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid untuk Harian

Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 Hybrid
Lihat Foto

JAKARTA, - Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha menawarkan kenyamanan dan fitur yang cukup menarik. Namun, performa dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan ternyata juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Suzuki membekali XL7 Hybrid Alpha dengan mesin berkapasitas 1.462 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan 103,2 Tk dan torsi mencapai 138 Nm. Tenaganya disalurkan langsung ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Fitur Andalan Suzuki XL7 Hybrid Alpha yang Tidak Dimiliiki Kompetitor

Namun, mesin konvensional tersebut dipadukan dengan teknologi mild hybrid yang diberi nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Suzuki mengeklaim dengan SHVS, getaran mesin menjadi lebih halus, efisiensi BBM meningkat, dan lebih ramah lingkungan.

Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha/DONNY Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Pada pengetesan kali ini, redaksi menggunakan XL7 Hybrid Alpha untuk berkendara harian. Jalur yang dilewati di wilayah selatan Jakarta dengan kondisi lalu lintas yang cukup dinamis. Selain melewati jalan raya, diselingi juga dengan melewati jalan tol dalam kota.

Bensin yang digunakan adalah RON 92 dari Pertamax. Teknik berkendara yang digunakan juga normal, bukan eco driving. Sementara kabin, hanya diisi oleh redaksi dengan bobot 60 Kg.

Baca juga: Ulas Kenyamanan Berkendara di Balik Kemudi Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Bicara performa, tenaga yang dihasilkan oleh XL7 Hybrid dirasa cukup untuk berkendara harian di perkotaan. Akselerasinya dirasa cukup baik, untuk menyalip kendaraan saat berada di tol dalam kota juga tidak ada rasa ragu.

Mesin Suzuki XL7 Hybrid Alpha/Donny Mesin Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Pada SHVS, terdapat Integrated Starter Generator (ISG) yang dapat menambah tenaga ke mesin dengan membuat putaran mesin menjadi lebih ringan. Tenaga tersebut disimpan pada baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah.

SHVS juga meliputi fitur Engine Auto Stop, di mana fitur ini akan mematikan mesin setelah mobil berhenti beberapa detik. Fitur ini yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Suzuki XL7 Hybrid tipe Alphakom Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Setelah digunakan berkendara harian dengan kondisi lalu lintas yang dinamis cenderung padat dan menempuh jarak sejauh 60 kilometer, pada panel instrumen menunjukkan konsumsi BBM rata-rata 13,3 kilometer per liter.

Konsumsi BBM tersebut dinilai masih cukup irit, mengingat kondisi jalan yang dilalui cukup padat. Bila dinilai secara keseluruhan, Suzuki XL7 Hybrid Alpha sangat bisa diandalkan sebagai kendaraan untuk sehari-hari.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat