vadakkuvaasal.com

Jangan Salah, Ini Beda Warna Rambu Petunjuk Lalu Lintas

Rambu lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto.
Lihat Foto

SOLO, - Rambu lalu lintas merupakan perlengkapan jalan yang berbentuk lambang, huruf, angka, kalimat dan perpaduan dari semaunya hal tersebut.

Fungsinya dibedakan menjadi empat, yaitu peringatan, fungsi, perintah, serta petunjuk bagi pengguna jalan.

Bahkan, warna dasar rambu lalu lintas juga memiliki pengertian lain. Seperti di jalan tol ataupun non-tol, kerap ditemukan rambu penunjuk arah dengan warna dasar berbeda, seperti hijau, biru dan coklat.

Baca juga: Jawa Tengah Jadi Daerah Tujuan Pemudik Terbanyak


Mengingat mudik lebaran nanti akan banyak masyarakat yang bepergian, maka pengemudi harus memahami perbedaan tiga warna rambu lalu lintas ini supaya tidak salah jalan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, tepatnya Bagian Kelima tentang Rambu Petunjuk terdapat perbedaan fungsi antara rambu-rambu petunjuk warna hijau, biru dan coklat.

Baca juga: Muncul Gambar Render Calon Motor Baru Honda CB350 ADV

Exit Tol Cawang.Dok. Jasa Marga Exit Tol Cawang.

  • Rambu petunjuk dengan warna dasar hijau

Rambu warna hijau memiliki makna petunjuk informasi suatu kota atau wilayah, dipasang sebelum kota atau wilayah yang tertulis. Sehingga bisa membantu pengemudi memilih rute perjalanan menuju wilayah tujuan.

  • Rambu petunjuk dengan warna dasar biru

Rambu dengan warna dasar biru memiliki makna perintah. Contohnya, rambu jenis ini dengan tulisan ‘Jakarta’. Artinya, jalur yang dipilih akan langsung mengarah ke Jakarta, tidak ada opsi lainnya.

  • Rambu petunjuk dengan warna dasar coklat

Rambu petunjuk dengan warna coklat bermakna hampir sama dengan petunjuk warna hijau. Perbedaannya, rambu warna coklat umumnya digunakan sebagai petunjuk suatu tempat wisata.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat