vadakkuvaasal.com

PLN Siapkan 1.124 SPKLU buat Layani Mudik Lebaran

Ilustrasi SPKLU. Ini biaya mengisi daya mobil listrik di SPKLU.
Lihat Foto

JAKARTA, – Menyambut masa mudik Lebaran 1445 H, PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan masyarakat.

PLN akan menyiagakan total sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN terus berkomitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Pas Saat Macet di Tanjakan

Cara mencari lokasi SPKLU terdekat secara online melalui aplikasi PLN Mobile dan Google MapsDOK. PLN Cara mencari lokasi SPKLU terdekat secara online melalui aplikasi PLN Mobile dan Google Maps

Di masa mudik Lebaran tahun ini, kata dia, PLN bersama para mitra memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit," ujar Darmawan, dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/3/2024).

Ia menambahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatera-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU.

Baca juga: Viral, Video Honda Supra Derek Toyota Fortuner Mogok

Darmawan pun mengatakan, PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua. Seperti tol Trans Sumatera-Jawa yang akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

"PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans Sumatera-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km,” kata Darmawan.

“Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," ujar dia.

Baca juga: Terjadi Kecelakaan Karambol di Sleman, Selalu Ingat Jaga Jarak Aman

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kWedij@nw@ri Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kW

Lebih lanjut Darmawan menyampaikan, selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan stand by selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar.

Bahkan PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

“Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra," ucap Darmawan.

Baca juga: Jenis SIM yang Diperlukan Pemilik Mobil Listrik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)

Sementara itu, terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia. Kemudian, PLN juga menyiagakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik.

Untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat