vadakkuvaasal.com

Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Terjebak Macet Arus Balik

Mudik Lebaran.
Lihat Foto

SOLO, - Terjebak macet di arus balik lebaran dan mesin mobil mengalami overheat, merupakan salah satu ketakutan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, dalam mengatasi kondisi tersebut ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan risiko dan mengatasi masalah dengan efektif.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, mengatakan, saat mobil mengalami overheat di kemacetan ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Baca juga: Mobil Kurang Responsif Saat Pedal Gas Diinjak, Cek Bagian Ini

Situasi di Simpang Bawen setelah penerapan one way pada Sabtu (6/4/2024) sore./Dian Ade Permana Situasi di Simpang Bawen setelah penerapan one way pada Sabtu (6/4/2024) sore.

“Pertama, cari tempat yang aman dan pinggirkan mobil dan matikan mesin,” kata Iwan kepada , belum lama ini.

Jika dirasa suhu mobil sudah dingin, pengemudi bisa membuka kap mesin dan memeriksa air radiator.

“Kalau sudah agak dingin, periksa air radiator dan air di tabung cadangan. Hati-hati saat membuka tutup radiator, pastikan air radiator sudah tidak bertekanan,” kata Iwan.

Baca juga: Hati-hati, Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan

Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheatTangkapan layar Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheat

Iwan juga menyarankan, untuk memeriksa apakah ada kebocoran air radiator di selang.

“Periksa selang-selang radiator dari kebocoran dan periksa juga kipas-kipas dan pastikan kipas harus bekerja normal,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, jika tidak bisa mengatasinya sendiri, maka pemilik mobil perlu memanggil bengkel agar bisa ditangani dengan tepat.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat