vadakkuvaasal.com

Hasil MotoGP Amerika 2024; Keajaiban Vinales, Marquez Jatuh Lagi

Pebalap Aprilia Maverick Vinales, juara di MotoGP Amerika 2024
Lihat Foto

AUSTIN, - Pebalap Aprilia Maverick Vinales benar-benar tampil sempurna pada MotoGP Amerika 2024. Menjadi pole position, juara di sprint race dan ditutup dengan finis di posisi terdepan pada balapan utama MotoGP Amerika 2024, Senin (15/4/2024), di Circuit of the America (COTA).

Sementara itu nasib sial kembali dialami Marc Marquez yang kembali harus terjatuh. Padahal Marquez sedang memimpin jalannya balapan, namun kehilangan kontrol dan terseret ke gravel.

Di posisi kedua ada Pedro Acosta, dan Enea Bastianini ada di posisi ketiga. Jorge Martin harus puas berada di posisi empat, dan sang juara dunia Francesco Bagnaia ada di posisi lima.

Jalannya Balapan

Maverick Vinales yang start dari posisi pertama tersalip oleh rookie Pedro Acosta. Pebalap tim GasGas Tech3 tersebut langsung tancap gas di depan dibuntuti pebalap Pramac Racing Jorge Martin dan dan Jack Miller di posisi ketiga.

Baca juga: Live MotoGP Amerika 2024, Marc Marquez Jatuh Lagi

Vinales yang melakukan start dengan buruk terlempar ke posisi sembilan. Di sisi lain posisi pebalap tim pabrikan Ducati Francesco Bagnaia tak berubah yaitu di posisi keempat. Baru pada lap ketiga Bagnaia berhasil naik ke posisi ketiga.

Pada sisi lain, Martin terus menyodok Acosta dan sempat beberapa kali hampir menyalip mantan Juara Dunia Moto2 2023 tersebut.

Pada lap ketiga, posisi pertama di tempati Acosta, posisi kedua ditempati Martin dan posisi ketiga yaitu Bagnaia. Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez berada di posisi keempat dengan jarak 0,2 detik dari Bagnaia.

Pad lap keempat Martin terus menyodok Acosta dan berhasil menyalip ke posisi pertama. Tak lama Marquez dari posisi keempat naik ke posisi kedua dan membuat posisi grup depan berubah.

Baca juga: Lampu Indikator Rem Mobil Menyala, Cek Ini

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

Pada lap kelima, posisi depan ditempati Martin, dibuntuti Marc Marquez dan Bagnaia di posisi ketiga. Acosta yang berusaha mencari celah untuk menyerang Bagnaia kini berada di posisi keempat.

Pada lap keenam pergerakan grup depan makin sengit. Marquez dan Bagnaia terlibat senggolan. Bagnaia kini berada di posisi kedua, disusul Acosta di posisi ketiga dan Marquez yang turun ke posisi keempat.

Pada lap ketujuh Marquez kembali panas dan menyalip Bagnaia. Marquez kini memburu Acosta yang berada di posisi kedua. Adapun Martin meski masih terlihat tapi mulai menjauh dengan gap 0,5 detik dari Acosta.

Baca juga: Lampu Indikator Rem Mobil Menyala, Cek Ini

Pada lap kedepalan Martin mulai menjauh dari rombongan depan. Pebalap asal Spanyol itu membuka jarak 0,8 detik dari Acosta. Sebaliknya motor KTM RC16 yang dipakai Acosta tampak kerja keras untuk bertahan dari serangan Marquez.

Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024


Di luar dugaan, di lap ke-10 Acosta yang sedang bertarung dengan Marquez justru dapat menyusul Martin. Posisi grup depan kini berubah. Acosta pertama, Marquez kedua dan Martin ketiga.

Tak lama Marquez berhasil menyalip Acosta dan kini memimpin balapan. Namun nasib sial Marquez jatuh di lap ke-11 tikungan ke-11.

Di sisi lain Vinales tampil sangat memukai. Dari posisi ke-10 secara bertahap, The Top Gun yang memanfaatkan celah kesalahan pebalap lain dan berhasil memimpin balapan.

Sisa 7 lap Vinales berada di di depan Acosta dengan jarak 0,8 detik, bahkan sisa 6 lap jaraknya makin jauh yaitu 1,02 detik dari Acosta. Vinales makin tak terkejar oleh Acosta sampai lap terakhir.

Hasil Balap MotoGP Amerika 2024:

1 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
2 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
3 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
4 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
5 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
6 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
7 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
8 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
9 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
10 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
11 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
12 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
13 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
15 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
16 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat