vadakkuvaasal.com

Ini 2 Titik Penyebab Kemacetan di Tol Japek saat Arus Balik Lebaran

One Way diperpanjang sampai 15 April 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan sedikitnya ada dua titik yang akan menjadi penyebab kemacetan panjang di Tol jakarta-Cikampek selama arus balik Lebaran 2024.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga Faiza Riani menyatakan, titik tersebut ada di KM 62 dan KM 66, yang menjadi pertemuan dua arus jalan.

"Ada kepadatan di titik KM 62 yang merupakan rest area dan KM 66 yang menjadi pertemuan dua arus jalan," katanya dalam konferensi yang disiarkan daring, Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Tol Cipali Padat Saat Arus Balik, Ingat Pentingnya Jaga Jarak Aman

Urai kepadatan pada H-2 lebaran Rabu (13/6/2018), polisi memberlakukan contra flow di km 37 hingga km 66 tol Jakarta-Cikampek. /Farida Farhan Urai kepadatan pada H-2 lebaran Rabu (13/6/2018), polisi memberlakukan contra flow di km 37 hingga km 66 tol Jakarta-Cikampek.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa KM 62 merupakan rest area yang melayani pemudik dari arah Bandung Cipularang dan Tol Jakarta Cikampek atau Tol Trans Jawa.

Sementara KM 66, merupakan ruas jalan yang mempertemukan kendaraan dari To Kalihurip Utama dari Bandung dengan Tol Jakarta Cikampek.

"Kemacetan ini bukan karena persoalan one way tapi ada kepadatan di dua titik tersebut dan kami terus melakukan penguraian kepadatan," kata dia.

Faiza mengatakan volume lalu lintas kendaraan per jam pada Minggu dari pukul 06.00 WIB pagi ini sampai pukul 21.00 WIB malam untuk arus balik dari arah timur dari Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102.000 kendaraan.

Jumlah tersebut naik 168 persen dari volume lalu lintas normal. Tetapi angka itu belum mencakup seluruh pemudik yang kembali ke Jabodetabek. Maka, puncak arus balik masih akan berlangsung hingga malam ini.

Baca juga: Balik Mudik Lebaran Malam Hari, Pastikan Istirahat Setelah Pukul 19.00

Ilustrasi gerbang tol Cikampek Utama saat libur Tahun Baru 2024Dok. Jasa Marga Ilustrasi gerbang tol Cikampek Utama saat libur Tahun Baru 2024

Sebelumnya PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) menambah kapasitas lajur contraflow di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta KM 66 sampai dengan KM 47 menjadi tiga lajur mulai pukul 20.08 WIB.

"Langkah ini bertujuan mengirai kepadatan lalu lintas dan merupakan diskresi dari pihak kepolisian," kata VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo.

Ia mengatakan sempat dilakukan perpanjangan contraflow 1 lajur dari KM 47 sampai dengan KM 36 arah Jakarta Ruas Jolan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 19.55 WIB.

"Sebelumnya dilakukan contraflow ada dua lajur dari KM 70 sampai dengan KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 13.14 WIB," kata dia.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat