vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Apakah Boleh Pakai Air Mineral Botol untuk Isi Radiator Mesin? | Penjelasan Mengapa Terkadang Perlu Mematikan AC Saat Mobil Menanjak

Bahaya Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Kulit Bisa Terkelupas
Lihat Foto

JAKARTA, - Mesin overheat dan temperatur melebihi batas wajar merupakan satu kendala yang bisa dialami pengguna mobil, khususnya saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Jika menjumpai situasi semacam ini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah menepi, dan mematikan mobil. Jika temperatur mesin sudah mulai turun, dianjurkan pula untuk menambahkan cairan pendingin.

Selain itu, sepanjang musim mudik Lebaran 2024 ada berbagai kejadian menarik yang dialami oleh sejumlah pemudik, salah satunya penumpang bus AKAP PO Borlindo menceritakan pengalamannya yang berkesan karena perlakuan baik dari sopir.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 15 April 2024:

1. Apakah Boleh Pakai Air Mineral Botol untuk Isi Radiator Mesin?

Satu pertanyaan yang membingungkan sebagian pengguna adalah boleh atau tidaknya menggunakan air mineral botolan sebagai pendingin radiator.

Pertanyaan semacam ini muncul karena normalnya, radiator memiliki cairan pendingin khusus berupa coolant. Jadi apakah air mineral bisa dijadikan alternatif pengganti?

Baca juga: Apakah Boleh Pakai Air Mineral Botol untuk Isi Radiator Mesin?

2. Cerita Sopir Bus PO Borlindo Ajak Semua Penumpang Makan di Rumah Mertua

Penumpang bus Borlindo Palu-Makassar rayakan Lebaran dengan makan di rumah mertua sopir bus [TikTok/@octavpietherdjumapny].TikTok/@octavpietherdjumapny Penumpang bus Borlindo Palu-Makassar rayakan Lebaran dengan makan di rumah mertua sopir bus [TikTok/@octavpietherdjumapny].

Salah satu penumpang bercerita lewat unggahan video di Tiktok dengan akun @octavpietherdjumapny. Saat Lebaran hari pertama dirinya dan penumpang lainnya diajak makan siang gratis ke rumah mertua sang sopir bus tersebut.

Pada narasi video menyebutkan, siang itu saat perjalanan dari Palu menuju Makassar, Sulawesi Selatan, warung-warung di sepanjang jalan tutup, padahal dirinya dan penumpang lainnya sudah kelaparan.

Baca juga: Cerita Sopir Bus PO Borlindo Ajak Semua Penumpang Makan di Rumah Mertua

3. Penjelasan Mengapa Terkadang Perlu Mematikan AC Saat Mobil Menanjak

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Sering dijumpai rambu lalu lintas untuk mematikan AC mobil sesaat sebelum memasuki jalan menanjak. Biasanya rambu tersebut disertai imbauan untuk menggunakan gigi rendah.

Dengan mematikan AC, mobil dianggap lebih kuat melibas tanjakan karena mesin lebih fokus untuk menopang beban kendaraan.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Terkadang Perlu Mematikan AC Saat Mobil Menanjak

4. Harga Rush, Xpander Cross, dan XL7 Kompak Naik Bulan Ini

Toyota Rush facelift 2024TAM Toyota Rush facelift 2024

Memasuki April 2024 yang juga merupakan momen Lebaran, rupanya harga low sport utility vehicle (LSUV) mulai mengalami perubahan.

Dari pantauan redaksi, Toyota Rush yang baru saja bersolek dengan mendapat penyegaran baik dari segi eksterior dan interior mengalami kenaikan harga dari awal Maret lalu.

Baca juga: Harga Rush, Xpander Cross, dan XL7 Kompak Naik Bulan Ini

5. Lampu ABS Menyala Saat Perjalanan, Jangan Panik Ini Maksudnya

Lampu indikator ABS menyalaTangkapan layar Lampu indikator ABS menyala

Mobil modern umumnya dibekali fitur rem lebih canggih seperti salah satunya anti-lock brake system (ABS). Sehingga, kemampuan mobil memperlambat laju mobil lebih baik dengan jarak pengereman lebih pendek.

Selain itu, sistem ABS mobil juga memungkinkan mobil untuk bermanuver sambil mengerem, khususnya ketika untuk menghindari objek di depan dalam kondisi darurat. Dengan demikian mobil tidak menabrak objek di depan.

Baca juga: Lampu ABS Menyala Saat Perjalanan, Jangan Panik Ini Maksudnya

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat