vadakkuvaasal.com

Ban Mobil Gofar Hilman Kempis di Tol Kena Ranjau Paku

Penyiar radio sekaligus influencer, Gofar Hilman bercerita bahwa ban mobilnya kempis saat dikendarai di jalan tol.
Lihat Foto


JAKARTA, - Penyiar radio sekaligus influencer, Gofar Hilman, bercerita bahwa ban mobilnya kempis saat dikendarai di jalan tol. Usut punya usut, ditengarai ban mobilnya kempis karena melindas paku di jalan tol.

Lewat akun resmi Instagram, pergijauh, Gofar menjelaskan kronologi bannya kempis. Bahkan, dalam postingnya terlihat dinding ban bagian dalam yang kempis tersebut robek.

Baca juga: Angka Kecelakaan Turun Drastis di Momen Mudik 2024

Gofar tidak merinci ruas jalan tol yang dimaksud saat kejadian berlangsung dan dalam kecepatan berapa mobil berjalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gofar Hilman (@pergijauh)

Dalam unggahannya, Gofar menduga bahwa bannya kempis karena melindas paku, tetapi bukan sembarang paku, melainkan paku ranjau. Ada dua paku yang menancap di ban mobilnya.

"Mobil kita kena ranjau paku. Aduh. Kejadiannya dua hari kemarin," ujar Gofar dalam video dikutip , Selasa (16/4/2024).

"Kita lagi jalan di tol. Kok makin lama nih mobil makin berat. Kita buka kaca bau karet. Alhasil kita kinggir. Ban belakang kanan belakang gembos. Kita pompa gak gendut-gendut. Kita bongkar, waduh dalamnya rombeng. Ini pelakunya nih, khas ranjau paku. Ada dua biji nancep di ban gua," katanya.

Baca juga: Kemenhub Klaim Program Mudik Gratis Kurangi Kasus Kecelakaan

Dari video yang diunggah terlihat ranjau paku yang dimaksud merupakan sekrup berulir.

Video tersebut menarik sebab ranjau paku selama ini diketahui merupakan ulah oknum yang sengaja menebar paku di sejumlah ruas jalan raya non-tol.

Lelo (45), pedagang kopi keliling saat memegang dua buah ranjau paku, Rabu (22/11/2023). Pedagang kopi yang biasa berdagang di depan Hotel Mangkuluhur, Jalan Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan itu mengatakan, banyak ranjau paku yang disebar di jalan tersebut./Joy Andre T. Lelo (45), pedagang kopi keliling saat memegang dua buah ranjau paku, Rabu (22/11/2023). Pedagang kopi yang biasa berdagang di depan Hotel Mangkuluhur, Jalan Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan itu mengatakan, banyak ranjau paku yang disebar di jalan tersebut.

Ranjau paku disebar di jalan dengan tujuan agar mobil atau motor yang bocor kemudian melakukan tambal ban di bengkel terdekat, atau modus lain yaitu bersifat kriminalitas untuk merampas pengendara.

Baca juga: Jorge Martin Gagal Podium tapi Senang Bisa Raih 20 Poin

Penasihat Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community, Abdul Rohim, mengatakan, di jalan raya jenis ranjau ruji payung merupakan jenis ranjau paku yang paling berbahaya yang mesti dihindari di jalan.

"Karena (ban) tubeless juga bisa gembos, bahkan (ban) roda empat mobil juga bisa gembos,” kata Rohim. Ranjau jari-jari payung termasuk yang paling banyak ditemukan di Jakarta.

Ranjau paku seperti ini didapatkan dari payung bekas yang kemudian dipotong dengan ukuran tertentu dan ditebar di ruas-ruas jalan protokol, seperti di Jalan Gatot Subroto atau Jalan Pemuda.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat