vadakkuvaasal.com

Diskon Tarif Tol Berlaku Hari Ini, Khusus dari Semarang-Jakarta

Diskon tarif tol arus balik Lebaran 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Puncak arus balik Lebaran 2024 diklaim telah terlewati. Dengan turunnya volume kendaraan, rekayasa lalu lintas berupa one way dari Semarang menuju Cikampek juga sudah dihentikan.

Marketing Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mejelaskan, puncak arus balik terjadi pada hari 15 April 2024 sebanyak 162.000 kendaraan menuju Jabotabek dari arah Trans-Jawa melalui GT Cikampek Utama dan Bandung dari GT Kalihurip Utama.

Namun demikian, Jasa Marga memprediksi dari total proyeksi 10-18 April 2024 sebanyak 1,8 juta kendaraan, masih ada sekitar 34 persen atau 600.000 kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2024 Usai, Lalu Lintas Jakarta Kembali Padat

Dengan arus lalu lintas yang diperkirakan lebih landai, pemudik yang baru akan melakukan perjalanan balik hari ini atau 17 April 2024, mendapat keuntungan karena bertepatan dengan dimulainya diskon tarif tol sebesar 20 persen.

Ilustrasi kepadatan arus balik di Tol Jakarta-Cikampekjasa Ilustrasi kepadatan arus balik di Tol Jakarta-Cikampek

Potongan atau diskon tarif tol 20 persen diberikan untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta via Jalan Tol Trans-Jawa bagi semua golongan kendaraan.

Kebijakan ini resmi berlaku dari 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Faiza menjelaskan, tujuan pemberlakuan potongan tarif tol untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu yang jadi prediksi puncak arus balik.

Masyarakat yang akan kembali ke Jakarta, bisa menikmati disko tarif tol dengan syarat melakukan perjalanan menerus dan melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

Baca juga: Update Harga Hatchback Bulan Ini, Suzuki Baleno Naik Tipis

"Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai Jakarta," ujar Faiza beberapa waktu lalu.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

Selain itu, potongan tarif hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll), dan tidak berlaku bila transaksi saldo kurang atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Karena itu, baiknya sebelum memulai perjalanan, pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta guna menghindari kekurangan saldo saat transaksi di GT Cikampek Utama dan menghindari antrean di gerbang tol.

"Pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan," kata Faiza.

Baca juga: Hasil Tantangan Yaris Cross Hybrid Jakarta-Surabaya 1 Kali Isi Bensin

Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang. Kementerian PUPR Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang.

Dengan demikian, potongan tarif tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB.

Adanya diskon tarif tol ini membuat perjalanan balik akan lebih hemat. Sementara untuk simulasi rinciannya sebagai berikut ;

- Kendaraan Golongan I: Rp 421.500 jadi Rp 337.200, potongan sebesar Rp 84.300
- Kendaraan Golongan II dan III: Rp 649.500 jadi Rp 519.600, potongan sebesar Rp 129.900
- Kendaraan Golongan IV dan V: Rp 856.500 jadi Rp 685.200, potongan sebesar Rp 171.300

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat