vadakkuvaasal.com

Konsumsi Pertamax Selama Mudik Lebaran Diklaim Naik 9,6 Persen

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG.
Lihat Foto

JAKARTA, – Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) selama momentum mudik Lebaran mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan rata-rata hari biasa.

PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina mencatat peningkatan konsumsi Gasoline seiring dengan puncak arus balik Lebaran 2024, yang terjadi pada Senin 15 April 2024 kemarin.

“Rerata realisasi harian BBM pada masa Satuan Tugas (Satgas) RAFI (Ramadan dan Idul Fitri) dibandingkan sales normal untuk Gasoline naik 9,6 persen dan Gasoil turun 17,7 persen,” ujar Manager Media dan Stakeholder Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Harga MPV Bekas Usai Lebaran, Serena mulai Rp 70 Jutaan, Innova Rp 100 Jutaan

Ilustrasi SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Turbo dkk. Harga Pertamax dkk turun per 1 November 2023.Dok Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Turbo dkk. Harga Pertamax dkk turun per 1 November 2023.

Lebih rinci, realisasi konsumsi BBM Pertamina selama 24 Maret hingga 15 April dibandingkan hari biasa untuk Pertalite naik 16 persen. Adapun Pertamax naik 34 persen, dan Pertamax Turbo naik 23,6 persen.

Sementara itu, konsumsi solar turun 28,9 persen, Dexlite turun 18,1 persen, dan Pertamina Dex naik 7,5 persen.

Heppy melanjutkan, realisasi konsumsi Avtur pada masa Satgas RAFI yang masih berjalan naik 5,8 persen, dengan realisasi Senin 15 April dibandingkan hari biasa naik 24,1 persen.

Baca juga: PO ANS Rilis Bus Baru Mewah Pakai Bodi Patriot TU

Kemudian BBM angkutan laut pada masa Satgas RAFI naik 6,5 persen, dengan realisasi Senin 15 April dibandingkan hari biasa naik 55,7 persen.

“Konsumsi Avtur dan BBM angkutan laut naik signifikan pada puncak arus balik Lebaran,” ucap Heppy.

Sebagai informasi, masa Satgas RAFI dimulai 25 Maret hingga 21 April 2024. Satgas RAFI berjalan di semua lini bisnis Pertamina Group, mulai dari hulu, pengolahan, hingga transportasi dan distribusi ke masyarakat.

“Secara umum stok dan penyaluran BBM dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Pertamina berkomitmen untuk menjamin ketersediaan BBM selama Satgas RAFI 2024,” kata Heppy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat