vadakkuvaasal.com

Video Viral, Sopir Truk Lari Kejar Truknya yang Meluncur di Tol

Video viral, sopir truk mengejar truk yang meluncur tanpa awak di jalan tol
Lihat Foto

JAKARTA, - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan seseorang mengejar truk yang meluncur tak terkendali. Diduga orang yang mengejar adalah sopir dari truk tersebut.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Kamis (18/4/2024).

Pada keterangannya, disebutkan bahwa peristiwa tersebut baru saja terjadi pada pukul 07.30 WIB, setelah Gerbang Tol Kalikangkung.

Baca juga: Kecelakaan akibat Bus dan Truk Melonjak Saat Periode Mudik

"Lagi di bahu jalan lalu lupa tarik rem tangan, kemudian si bapa nya numpang innova putih buat ngejar mobilnya. Alhamdulillah akhirnya bisa naik kembali ke truk nya," ujar salah satu warganet dengan akun @dovirian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Sebelum orang yang diduga sopir truk tersebut berhasil masuk ke dalam truk, truk sempat meluncur tak terkendali hingga dua kali menabrak pembatas jalan. Bahkan, sopir terpaksa menumpang mobil lain untuk mengejar truk.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, truk jenis tersebut rem tangannya model kabel. Sehingga, ditarik atau tidak, biasanya tidak optimal, karena minim perawatan atau pengecekan.

Baca juga: Jadwal Operasional Truk Usai Arus Balik Mudik Lebaran 2024

"Ada situasi di mana pengemudi harus berhenti di bahu jalan untuk sekedar streching (peregangan), buang air kecil, cek rem panas, dan lain-lain. Di saat itulah kadang kewaspadaan menurun, karena dianggap truk sudah berhenti, merasa jalan datar dan lalu lintas sepi," ujar Sony, saat dihubungi , belum lama ini.

Video viral, sopir truk mengejar truk yang meluncur tanpa awak di jalan tolDok. @dashcam_owners_indonesia Video viral, sopir truk mengejar truk yang meluncur tanpa awak di jalan tol

"Seharusnya, kalau pengemudi meninggalkan tempat duduk, mesin wajib mati, berhenti di bahu jalan, lampu hazard wajib nyala, rem parkir aktif, dan tunggu 5 detik sebelum meninggalkan kabin," kata Sony.

Menurut Sony, bila prosedur di atas tersebut sudah dilakukan, maka masukkan gigi ke mundur (R) kalau di turunan dan gigi 1 di tanjakan.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat