vadakkuvaasal.com

Rawan Kehilangan Traksi, Kenapa Innova Zenix Pakai Sistem FWD?

Video viral Innova Zenix gagal menanjak
Lihat Foto

KLATEN, - Mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) dianggap memiliki kelemahan saat menanjak. Seperti yang terjadi pada Innova Zenix beberapa hari yang lalu dalam video viral roda depannya berdecit sehingga gagak menanjak.

Hal itu bisa terjadi lantaran ketika mobil menanjak, tumpuan mobil terpusat pada ban bagian belakang dampak dari gaya gravitasi bumi. Akibatnya, ketika mobil digerakkan oleh roda depan cenderung bakal mengalami selip karena roda depan tidak tertekan sama kuat dengan roda belakang.

Maka dari itu butuh cara pengoperasian khusus pada mobil Zenix saat menanjak seperti menginjak pedal gas secara perlahan dan memanfaatkan fitur traction control.

Kendati demikian, mobil FWD memiliki keunggulan lain sehingga mobil-mobil baru mengadopsinya. Bukan tanpa alasan Innova Zenix dibekali sistem penggerak roda depan, simak berikut kelebihannya!

Baca juga: Video Viral Innova Zenix Gagal Menanjak akibat Kehilangan Traksi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa keunggulan dari mobil dengan penggerak roda depan. Salah satunya yakni lebih efisien dibanding mobil penggerak roda belakang.

"Dengan konstruksi yang sederhana, maka mobil penggerak roda depan tidak perlu kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang," ucap Didi kepadai , beberapa waktu lalu.

Penggunaan konstruksi yang lebih sederhana membuat mobil dengan sistem FWD mempunyai kelebihan yakni memiliki bobot lebih ringan. Dengan begitu, kinerja mesin menjadi lebih ringan dan efisien.

Baca juga: Tempuh Semarang-Cirebon Non Tol, Seberapa Irit Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid?

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Didi menjelaskan, mobil yang menggunakan penggerak roda belakang (RWD) biasanya akan mengalami pengurangan tenaga karena adanya propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Seemntara mobil dengan sistem FWD tenaganya disalurkan ke dua roda depan lebih instan karena bisa dibilang langsung atau tanpa perantara tambahan.

Selain kinerja mesin yang lebih efisien, mobil dengan sistem FWD akan memiliki dek atau lantai mobil bagian tengah lebih rata. Sehingga, ruang kabin akan terasa lebih lega.

Baca juga: Menikmati Pesona Nepal van Java dengan Innova Zenix Hybrid

Gardan menjadi satu bagian dengan transmisi untuk mobil penggerak roda depan (FWD)Daimler AG Gardan menjadi satu bagian dengan transmisi untuk mobil penggerak roda depan (FWD)

"Biasanya kalau mobil penggerak roda depan itu dek tengah di bagian penumpang itu bisa rata. Karena tidak ada rumah propeller shaft yang membuat adanya gundukan di bagian bawah kabin" ucap Didi.

Didi mengatakan, pada mobil penggerak roda depan meskipun ada gundukan hanya sedikit dan tidak terlalu tinggi untuk kekuatan sasis mobil.

Menyinggung masalah konsumsi bahan bakar, Didi juga mengatakan bahwa mobil FWD seharusnya memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan mobil RWD.

"Bila bobotnya ringan dan mesin mumpuni kan seharusnya konsumsi bahan bakar juga akan lebih efisien" katanya.

Baca juga: Ajak Yaris Cross dan Zenix Hybrid ke Negeri di Atas Awan


Selain itu, pemilik mobil FWD juga akan menanggung biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan mobil RWD. Hal ini dikarenakan mobil FWD tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan propeller shaft dan juga gardan.

"Secara perawatan juga bisa lebih murah, karena penggerak roda belakang itu kan juga butuh oli gardan. Kalau FWD kan hanya oli transmisi karena gardannya gabung sama transmisi yang disebut dengan transaxle," ucapnya.

Jadi, mobil dengan sistem FWD memiliki kelebihan tersendiri sehingga diadopsi pada Innova Zenix semua varian, termasuk yang hybrid.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat