vadakkuvaasal.com

PLN Resmikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Bogor

SPKLU khusus angkot listrik di Bogor
Lihat Foto

JAKARTA, – Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO).

SPKLU khusus ALIBO beroperasi dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Kota Bogor yang tengah menyelenggarakan uji coba terhadap 5 unit Alibo, terhitung sejak tanggal 4 April 2024 hingga 3 Juli 2024 mendatang.

Bima Arya, Wali Kota Bogor mengungkapkan, kehadiran angkot listrik Alibo ini menjadi era tranformasi angkutan umum di Kota Bogor.

Baca juga: Belajar dari Insiden Tabrakan Beruntun di Tol Cipali Km 139

PT PLN (Persero) menyiagakan sebanyak 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024.ANTARA FOTO/Nova Wahyudi PT PLN (Persero) menyiagakan sebanyak 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024.

Demi memastikan kelancaran, Pemkot Bogor berkolaborasi dengan PLN dalam menyediakan SPKLU khusus sebagai tempat isi ulang angkot listrik komersial pertama yang beroperasi di Indonesia tersebut.

"Salah satu yang fenomenal dari angkot di Kota Bogor ialah polusinya ya angkot sudah bangkotan, angkot sudah reot dibiarkan beroperasi, susah sekali menghentikannya polusi dan lain-lain,” ujar Bima, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

"Ini adalah reformasi dari era baru Kota Bogor dan ke depannya hanya ada Biskita Trend dan angkot listrik, itu clear," kata dia.

Baca juga: Harga SUV Medium Bekas Usai Lebaran, Nissan X-Trail mulai Rp 88 Jutaan

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN menambah SPKLU di Bogor khusus untuk melayani kebutuhan pengisian daya angkutan umum berbasis listrik di wilayah tersebut.

"Fokus PLN tidak hanya terhadap kendaraan listrik pribadi, tetapi juga mendukung angkutan umum berbasis listrik dengan terus menyediakan infrastruktur yang memadai, salah satunya kehadiran SPKLU untuk angkot listrik di wilayah Kota Bogor ini," ucap Darmawan.

Darmawan meyakini, kehadiran angkutan umum berbasis listrik ini akan turut mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Pelat Nomor Palsu dan Asli

Pemkot Bogor resmi meluncurkan lima unit angkot listrik beroperasi di jalanan Kota Bogor selama masa uji coba tiga bulan, Kamis (4/4/2024)./ RUBY RACHMADINA Pemkot Bogor resmi meluncurkan lima unit angkot listrik beroperasi di jalanan Kota Bogor selama masa uji coba tiga bulan, Kamis (4/4/2024).

Hal ini sejalan dengan program Pemerintah dalam mewujudkan target Net Zero Emissions di tahun 2060 sekaligus juga mendukung ketahanan energi nasional.

"Jika uji coba angkutan umum perkotaan berbasis listrik di Kota Bogor ini berhasil, tentu ini akan menjadi contoh penerapan angkutan umum listrik lainnya di wilayah lainnya dan PLN siap mendukungnya," kata Darmawan.

Sebagai informasi, Alibo saat ini memiliki 30 titik rute pemberhentian yang dimulai dari Cidangiang dan berakhir juga di Cidangiang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat