vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Belajar dari Insiden Tol Cipali | Kenapa Innova Zenix Pakai Sistem FWD? | Marquez Capai Target di Gresini

Petugas mengamati kendaraan yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali, Senin (15/4/2024). Seorang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga mobil ini.
Lihat Foto

JAKARTA, - Insiden tabrakan beruntun yang terjadi di Tol Cipali Km 139 membuat banyak pembaca penasaran. Selain itu, tak sedikit yang ingin tahu mengapa Toyota Innova Zenix menggunakan sistem Front Wheel Drive (FWD).

Kemudian, banyak juga yang ingin tahu dengan target Marc Marquez yang sudah tercapai di Gresini Racing. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (19/4/2024):

1. Belajar dari Insiden Tabrakan Beruntun di Tol Cipali Km 139

Tabrakan beruntun di Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) KM 139.Foto: Tangkapan layar Tabrakan beruntun di Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) KM 139.

Salah satu kecelakaan lalu-lintas yang sering terjadi di jalan tol ialah tabrakan beruntun. Kecelakaan ini biasanya terjadi sebab pengemudi tidak menjaga jarak aman dengan mobil di depannya.

Meski sudah banyak kejadian kecelakaan tabrakan beruntun, tak sedikit masyarakat yang masih kurang perhatian menjaga jarak aman di jalan tol.

Baca juga: Belajar dari Insiden Tabrakan Beruntun di Tol Cipali Km 139

2. Mengenal Teknologi RFID yang Akan Dipasang di Pelat Nomor Kendaraan

Ilustrasi pelat nomor kendaraan atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) di Indonesia.Wikimedia/RasyaAbhirama13 Ilustrasi pelat nomor kendaraan atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) di Indonesia.

Korlantas Polri berencana menerapkan pelat nomor yang menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID) atau alat deteksi kendaraan dengan signal pada masa mendatang.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun penggunaan RFID yang nantinya akan dipasang di kendaraan bermotor.

Baca juga: Mengenal Teknologi RFID yang Akan Dipasang di Pelat Nomor Kendaraan

3. Rawan Kehilangan Traksi, Kenapa Innova Zenix Pakai Sistem FWD?

Video viral Innova Zenix gagal menanjakTangkapan layar Video viral Innova Zenix gagal menanjak

Mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) dianggap memiliki kelemahan saat menanjak. Seperti yang terjadi pada Innova Zenix beberapa hari yang lalu dalam video viral roda depannya berdecit sehingga gagak menanjak.

Hal itu bisa terjadi lantaran ketika mobil menanjak, tumpuan mobil terpusat pada ban bagian belakang dampak dari gaya gravitasi bumi. Akibatnya, ketika mobil digerakkan oleh roda depan cenderung bakal mengalami selip karena roda depan tidak tertekan sama kuat dengan roda belakang.

Baca juga: Rawan Kehilangan Traksi, Kenapa Innova Zenix Pakai Sistem FWD?

4. Pelat Nomor Khusus Sudah Dipasang Chip RFID

Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan 
TMC Polda Metro Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan

Sejak akhir Desember 2023 aturan terkait pelat nomor dewa alias pelat nomor khusus telah diubah dan diperketat. Sebelumnya pelat nomor dewa masih menggunakan kode RF dan IR. Setelah diterapkan aturan terbaru, kodenya diubah menjadi ZZ dan diberlakukan pembatasan jumlah edar.

Pihak kepolisian diketahui juga telah memasang teknologi Radio Frequency Identification (RFID) pada tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) khusus, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya pelat nomor palsu yang dilakukan oknum untuk memperoleh berbagai keuntungan.

Baca juga: Pelat Nomor Khusus Sudah Dipasang Chip RFID

5. Marc Marquez Sebut Sudah Capai Target di Gresini

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Marc Marquez gagal meraih kemenangan di MotoGP Amerika 2024. Pebalap Gresini Racing itu terjatuh saat dia dia berada di posisi pertama karena masalah rem.

Meski gagal podium dan menambah poin, Marquez mengatakan pada dasarnya dia sudah mencapai target. Sebab target pribadinya di Gresini bukan langsung podium tapi hanya berada di lima besar.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Sudah Capai Target di Gresini

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat