vadakkuvaasal.com

Video Modus Baru Pencurian Motor, Setang Dipatahkan Pakai Kaki

Video Modus Baru Pencurian Motor, Setang Dipatahkan Pakai Kaki
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Beredar video viral di instagram, menunjukkan aksi maling sepeda motor Honda Vario dengan kondisi terparkir dan dikunci setang kanan. Berdasarkan keterangan, peristiwa ini terjadi di Medan, Sumatera Utara.

Terlihat di dalam video, pencuri melancarkan aksinya secara cepat. Setang yang terkunci ditendang dan dipaksa terbuka dengan menggunakan kaki. Tidak sampai satu menit, motor sudah bisa digiring keluar.

“Untuk warga Medan, jangan lupa bawa rantai pengaman saat sepeda motor terparkir. Ingat - ingat,” tulis akun @tkpmedan dalam keterangan video, dikutip , Minggu (21/4/2024).

Merespons video ini, sebagian besar warganet mengaku heran dan khawatir dengan modus baru pencurian motor ini. Pasalnya, banyak yang mengira jika motor dikunci setang kanan pasti kebal pencurian.

 Baca juga: Harga Motor Sport Bekas 250 cc, Honda CBR 250 mulai Rp 18 Jutaan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TKP MEDAN (@tkpmedan)

 

“Kok bisa-bisanya diengkol pakai kaki gitu lepas.. Kirain fix aman kalau disetang kanan,” tulis akun @yhofi.ibb

“Lah katanya dikunci setang kanan aman? Jadi benernya ini gimana??” Kata akun @ezhepahlevi

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, mengaku sudah mafhum dengan modus kejahatan baru ini. Berdasarkan informasi yang terima, ada beberapa kasus pencurian motor dengan cara menendang setang hingga terbuka.

“Saya sempat diceritakan sama beberapa teman mekanik di Sumatera, memang sudah ada beberapa kasusnya mulai dari awal-awal tahun ini,” ucapnya kepada di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

 Baca juga: Lampu Indikator Aki Mobil Menyala, Segera Lakukan Pemeriksaan

Setang dan panel intrumen Honda ADV 160Dok. AHM Setang dan panel intrumen Honda ADV 160
 

Dia mengatakan, motor yang dikunci setang baik itu posisi kanan atau kiri memang bisa dibuka paksa, dengan menggunakan tenaga besar.

Alasannya, kunci setang motor tidak terhubung dengan fitur pengaman apapun, dan penahannya cuma mengandalkan kait yang mengikat bagian komstir. Jika patah, motor bisa digerakkan dengan leluasa lagi.

“Ada locking di bagian komstir, itu cuma sebagai penahan saja. Kalau diengkol paksa pakai kaki seperti di video, ya pasti bisa patah,” kata dia.

Mengantisipasi kejadian semacam ini, Anto menganjurkan pemilik motor untuk selalu membawa kunci ganda, baik untuk cakram atau penahan rem.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat