vadakkuvaasal.com

Indikator Bensin Bukan Pajangan, jika "E" Segera Isi BBM

Ilustrasi indikator bensin
Lihat Foto


JAKARTA, - Kehabisan bensin di jalan merupakan momok buat pengendara sepeda motor. Meski demikian nyatanya tak jarang terlihat pengendara menuntun motor karena kehabisan bensin.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Namun salah satunya yaitu pengendara lalai atau masa bodo tidak isi bensin meski indikator bensin sudah "E" atau bahkan lampu peringatan bensin habis sudah menyala.

Baca juga: Video Honda Brio Halangi Laju Ambulans di Salatiga

Timbul pertanyaan, sebetulnya saat indikator sudah menyentuh E, berapa Km motor masih bisa jalan?

Para siswa terlihat antusias memperbaiki motor pengendara yang mogok di Jalan Raya Morowudi, Rabu (8/1/2020).KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Para siswa terlihat antusias memperbaiki motor pengendara yang mogok di Jalan Raya Morowudi, Rabu (8/1/2020).

Sumantri Tanuwijaya, Pemilik Bengkel Jaya Motor di Cikupa Tangerang, mengatakan, tidak ada patokan pasti berapa Km motor masih bisa jalan sebab berbeda-beda tergantung jenis motor dan cara berkendara.

Alasannya onsumsi bahan bakar dipengaruhi berbagai faktor, mulai dari jenis motor, karakteristik mesin, cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang diangkut.

Baca juga: Pastikan Mobil Kembali Prima Setelah Dipakai Mudik

"Kalau ini tidak pasti, karena terkadang banyak eror dan tidak sesuai indikator. Ya lebih baik, dari 7 bar kemudian bensin sisa 2 bar, boleh dong diisi. Biar aman. Tujuannya ya agar tidak capek nanti kalau jauh dari pom bensin atau warung bensin," ujarnya kepada , Selasa (24/4/2024).

Asep Suherman, Mantan Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, mengatakan, ketika indikator bahan bakar sudah berkedip atau menunjukkan tanda huruf E , tangki bahan bakar tidak benar-benar kosong.

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

Karena itu jika indikator di motor sudah menunjukkan bensin bakal habis, pengendara mesti segera mencari SPBU untuk isi bensin.

Baca juga: Citroen C3 Aircross SUV Resmi Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

"Indikator bahan bakar yang berkedip atau menunjukkan tanda huruf E memang tidak berarti tangki bensin benar-benar kosong. Pengendara masih bisa melanjutkan perjalanan untuk beberapa saat," katanya.

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Asep.

Perkiraan 0,6 sampai 0,8 liter sebetulnya cukup untuk mencari SPBU terdekat dengan asumsi ada pom bensin setiap minimal 20 km. Sebagai contoh, konsumsi BBM Honda Beat sekitar 60 km per liter atau kalau 0,8 liter sekitar 48 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat