vadakkuvaasal.com

ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage
Lihat Foto

JAKARTA, - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengundang pemilik sepeda motor yang berbahan bakar minyak (BBM) untuk melakukan konversi menjadi listrik berbasis baterai secara gratis.

Caranya, pemilik harus melakukan pendaftaran lebih dahulu dan konversi hanya dapat dilakukan di bengkel-bengkel yang sudah tersertifikasi oleh ESDM.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi menjelaskan, langkah terkait sebagai upaya mengurangi produksi emisi dari kendaraan bermotor.

Baca juga: Aismoli Optimistis Penjualan Motor Listrik Subsidi Capai Target

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan roda dua atau motor dapat dikonversi menjadi kendaraan listrik pada 2030./DIO DANANJAYA Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan roda dua atau motor dapat dikonversi menjadi kendaraan listrik pada 2030.

“Kementerian ESDM saat ini mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua, itu akses ke websitenya ESDM, nanti kami konversi secara gratis,” ujar , Rabu (24/4/2024).

Adapun situs yang dimaksud Eniya, ialah ebtke.esdm.go.id/konversi. Melalui situs tersebut, pemilik hanya perlu mengisi data diri lengkap saja berserta jenis kendaraannya.

Adapun untuk melakukan konversi motor bensin menjadi listrik, umumnya dikenakan biaya sekitar Rp 15 juta sampai Rp 17 juta. Namun pemerintah RI telah memberikan subsidi senilai Rp 10 juta.

“Sebetulnya, selisih dari bantuan Rp 10 juta itu sisanya ditanggung sendiri. Kita dibantu oleh program CSR juga, sehingga bisa gratis,” kata Eniya.

Baca juga: Kejadian Lagi Mobil Terbakar, Ini Penyebab dan Langkah Penanganannya

Kementerian Perhubungan menyediakan layanan pengujian sepeda motor listrik hasil konversi melalui mobil alat uji non-statis yang dapat berpindah-pindah tempat. Layanan ini merupakan salah satu upaya mendukung program konversi motor listrik, dalam rangka mewujudkan kualitas udara yang bersih dan mengurangi penggunaan BBM.Dok. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kementerian Perhubungan menyediakan layanan pengujian sepeda motor listrik hasil konversi melalui mobil alat uji non-statis yang dapat berpindah-pindah tempat. Layanan ini merupakan salah satu upaya mendukung program konversi motor listrik, dalam rangka mewujudkan kualitas udara yang bersih dan mengurangi penggunaan BBM.

“Kalau ada perusahaan yang bisa mendukung kami juga, silakan kontak ke ESDM, ke tempat saya,” kata dia lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Eniya juga meyakinkan bahwa energi yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik lebih hemat apabila dibandingkan dengan BBM dalam menempuh jarak yang sama.

"Sekarang sekitar sepertiga hingga seperlima (dari harga BBM),” ujarnya.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat