vadakkuvaasal.com

Video Lucu Problematika Mengayun Saat Tutup Pintu Mobil

Cara menutup pintu mobil yang benar
Lihat Foto

KLATEN, - Beredar video di media sosial terkait pembuktian apakah benar pintu mobil bisa menutup dengan rapat tanpa diayunkan.

Video tersebut viral usai diunggah akun Instagram @moehamad.ripai dengan menampilkan dua potongan video yang dibandingkan.

Pada video pertama, menampilkan bagaimana pintu mobil bisa tertutup dengan rapat secara otomatis setelah daun pintu dirapatkan. Sedangkan video kedua merupakan pembuktiannya pada mobil tua.

Baca juga: Cara Benar Menutup Pintu Mobil, Tetap Harus Diayunkan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Moehamad Rifai (@moehamad.ripai)

 

Hasilnya, pintu mobil tua tidak bisa menutup rapat tanpa diayunkan secara manual. Pembuat video menyimpulkan bila pada video pertama bohong.

“Tukang bohong video teh!” ucap si pembuat video pembuktian.

Unggahan tersebut mendapatkan ragam komentar dari netizen. Sebagian mereka berpendapat bahwa fitur tersebut memang ada pada mobil mewah, dan tidak pada mobil lawas.

Baca juga: Salah Kaprah Menutup Pintu Mobil, Jangan Dibanting

Toyota All New Vellfire Hybrid resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.  MPV mewah produksi pabrik Jepang hadir menyusul saudaranya All New Alphard yang hadir Agustus 2023./Gilang Toyota All New Vellfire Hybrid resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. MPV mewah produksi pabrik Jepang hadir menyusul saudaranya All New Alphard yang hadir Agustus 2023.

Muchlis, Instruktur Nasmoco Solo Baru, mengatakan, fitur auto closer pada pintu pengemudi mobil belum pernah ada.

"Sejauh ini belum pernah ada fitur auto closer dipasang pada pintu driver, kecuali pada sliding door dan back door,” ucap Muchlis kepada , Sabtu (27/4/2024).

Muchlis mengatakan, auto closer memang disandingkan pada pintu yang tidak membutuhkan ayunan untuk menutupnya seperti pada pintu otomatis.

Baca juga: Video Pengemudi Sembarangan Buka Pintu Mobil, Bikin Motor Kecelakaan

Dilarang menutup pintu mobil terlalu kerasTangkapan layar Dilarang menutup pintu mobil terlalu keras

Eko Sulistyo, Technical Leader Nasmoco Demak mengatakan video tersebut hanya sebuah konten karena berdasarkan pengamatannya pergerakan auto closer terlalu cepat.

"Jika motor auto closer bekerja akan menghasilkan gerakan yang lembut, jika diamati dalam video tersebut gerakannya cepat seperti ditarik dari dalam," ucap Eko kepada , Sabtu (27/4/2024).

Selain itu, Eko mengatakan, tidak semua mobil dibekali fitur auto closer untuk menutup pintu terlebih lagi mobil lawas 

Baca juga: Jangan Dipaksa, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Keyless Tidak Berfungsi


Kendati demikian Eko mengatakan menutup pintu tetap harus dipastikan sampai rapat dengan memberikan ayunan secukupnya. Pengemudi bisa memastikan pintu sudah rapat atau belum dari layar informasi (MID).

"Jika indikator berlambang mobil denga npintu membuka masih menyala artinya masih ada pintu yang tidak tertutup rapat, sehingga ayunan saat menutup pintu perlu diulang dengan sedikit lebih keras," ucap Eko.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat