vadakkuvaasal.com

Toyota Gazoo Racing Mau Bikin GR Starlet

Toyota GR Starlet dengan basis Suzuki Baleno
Lihat Foto

JAKARTA, - Toyota Gazoo Racing (TGR) kabarnya sedang menyiapkan satu mobil lagi untuk digunakan dalam balap reli. Menariknya, mobil tersebut diyakini adalah GR Starlet.

Dikutip dari Carscoops.com, Selasa (30/4/2024), TGR akan kembali menghidupkan Starlet. Tapi, mobil tersebut akan berstatus hot hatch dengan embel-embel GR.

Baca juga: Rumor Toyota Starlet Bakal Berjantung Listrik

Toyota diperkirakan telah mengerjakan Starlet baru selama beberapa waktu belakangan ini, didukung oleh Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Namun, skandal keselamatan tabrakan baru-baru ini telah menunda peluncurannya hingga 2026.

Toyota GR Starlet dengan basis Suzuki BalenoDok. Rushlane Toyota GR Starlet dengan basis Suzuki Baleno

Dikabarkan bahwa GR Starlet akan menjadi mobil yang berfokus pada reli, yang bertujuan untuk bersaing di kelas Rally 4 bersama para pesaingnya, seperti Renault Clio, Peugeot 208, dan Ford Fiesta. Versi GR yang dipersiapkan untuk kompetisi ini diperkirakan dimensinya akan sedikit lebih besar dari Starlet standar.

Meskipun kepraktisan mungkin dikesampingkan karena ukurannya yang ringkas, GR Starlet menjanjikan sebuah mobil yang ringan. Faktanya, sumber-sumber Jepang mengeklaim bahwa mobil ini dapat mencapai bobot sekitar 980 Kg, lebih ringan 300 Kg dari GR Yaris.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Layaknya GR Yaris dan GR Corolla, nantinya GR Starlet juga akan menggunakan mesin 3-silinder turbocharged. Mesin ini akan menggunakan basis mesin 1.6 liter yang ada saat ini, namun bisa dirampingkan menjadi 1.3 liter.

Toyota GR Starlet dengan basis Suzuki BalenoDok. Rushlane Toyota GR Starlet dengan basis Suzuki Baleno

Tenaga yang dihasilkan juga bisa dibatasi sekitar 150 tk, kira-kira setengah dari Yaris dan Corolla. Toyota mungkin menawarkannya dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.

Namun, yang menarik perhatian adalah GR Starlet kabarnya tidak akan dibekali dengan sistem penggerak semua roda. Tapi, Toyota akan menyematkan sistem penggerak roda depan.

Beberapa waktu lalu, Toyota Afrika Selatan sempat mengubah Suzuki Baleno menjadi GR Starlet. Sehingga, kabar akan adanya Toyota GR Starlet tidaklah mengejutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat