vadakkuvaasal.com

Bimota Bakal Balapan di WSBK, Dapat Dukungan Kawasaki

Rendering Bimota KB4
Lihat Foto

JAKARTA, - Bimota, merek motor legendaris asal Italia bakal turun balap lagi di World Super Bike (WorldSBK) tahun 2025. Pabrikan dengan motor yang nyentrik dan premium ini pun tidak turun sendiri, tapi dapat dukungan dari Kawasaki Racing Team.

Dikutip dari siaran resmi Kawasaki Racing Team, Bimota dan Kawasaki akan joint venture, balapan pakai motor dengan sasis Bimota dan mesin Kawasaki. Bukan cuma mesinnya saja, banyak kru dari Kawasaki Racing Team yang juga pindah ke Bimota.

Makanya nanti nama timnya adalah Bimota by Kawasaki Racing Team. 

Baca juga: Jumpa Mobil dengan Strobo dan Lampu Rem Putih, Bisa Lapor Ke Polisi

 

Bimota bakal balapan lagi di WorldSBK musim 2025, dapat dukungan penuh Kawasaki Racing TeamKRT Bimota bakal balapan lagi di WorldSBK musim 2025, dapat dukungan penuh Kawasaki Racing Team

Kehadiran Bimota di ajang balap sekelas WorldSBK agar membuat merek tersebut semakin dikenal secara global. Pada akhirnya, permintaan motor Bimota buat di jalanan akan meningkat.

Cuma, yang bikin penasaran adalah motor apa yang bakal digunakan buat balapan nanti. Tentu superbike yang tampil di WorldSBK harus memenuhi homologasi, jadi sepertinya akan muncul motor yang benar-benar baru.

Presiden dan CEO Kawasaki Motors Hiroshi Ito mengatakan, Bimota punya reputasi yang bagus soal desain motor dan kualitasnya. Langkah selanjutnya adalah membuktikan motor ini di kancah balap.

Baca juga: Bimota KB4, Motor Italia Berjantung Jepang

Bimota Tesi H2Foto: Visordown Bimota Tesi H2

"Balapan bisa meningkatkan untuk pengembangan produk juga brand exposure di tingkat global. Kami harap proyek balap ini membuat semangat para pencinta motor Bimota maupun Kawasaki," kata Hirosh dikutip dari siaran resmi, Selasa (30/4/2024).

COO Bimota Pierluigi Marconi juga mengatakan, teknologi, dan dukungan bisnis dari Kawasaki sudah sangat membantu Bimota kembali dikenal di pasar. Makanya sekarang waktu yang tepat untuk naik ke tahap selanjutnya, yakni balapan.

"Bimota punya DNA balap, dan berkompetisi di WorldSBK bisa juga untuk mengembangkan produk kami yang baru. Selain itu juga sambil memperluas jaringan diler di eropa sampai global," kata Pierluigi.

Menurutnya, dukungan penuh Kawasaki Motors di Jepang membuat Bimota punya semangat. Makanya Bimota by Kawasaki Racing Team di WorldSBK bakal jadi momen besar untuk masa depan.

Guim Roda, Manajer Kawasaki Racing Team sangat menanti kolaborasi kedua merek ini. Bahkan menantikan seperti apa nantinya ketika mulai balapan di WorldSBK tahun depan.

"Kami sangat semangat menantikan kolaborasi Bimota dan Kawasaki. Evolusi ini merupakan langkah meraih tingakt yang lebih tinggi di balapan. Kami percaya diri punya sumber daya yang dibutuhkan untuk sukses musim depan," ucap Guim.

Bimota sendiri pernah menang balapan di tahun 1980, kelas 350cc. Waktu itu ditunggangi Jon Ekerold Pakai motor Bimota YB3, motor dua tak dua silinder.

Pada balapan empat tak pun Bimota pernah menang tujuh kali di WolrdSBK tahun 1988. Pebalapnya ada Davide Tardozzi yang menang lima kali dan Stephane Martens dengan dua kemenangan.

Bahkan di 2000, Bimota pernah menang sekali pakai motor SB8R. Waktu itu pebalapnya adalah Anthony Gobert, juara di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat