vadakkuvaasal.com

Pabrik BYD di Subang Bisa Bikin 150.000 Mobil Per Tahun

Denza D9, MPV listrik premium lansiran BYD yang melantai di IIMS 2024
Lihat Foto


JAKARTA, - Produsen mobil listrik asal China, Build Your Dream (BYD), berencana untuk mendirikan pabrik di Indonesia tepatnya di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, Jawa Barat.

Pabrik akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar dan ditarget beroperasi pada awal 2026. Selain memproduksi mobil, pabrik juga menjadi fasilitas pusat penelitian dan pengembangan.

Baca juga: Risiko Fatal Mobil Kehabisan Oli Mesin di Jalan

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia sekaligus General Manager BYD Asia Pacific, Eagle Zhao, mengatakan, pabrik memiliki kapasitas produksi ratusan ribu unit per tahun.

BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh Jokowi/Daafa Alhaqqy BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh Jokowi

"Kapasitas dari manufaktur kami mengincar 150.000 unit per tahun," ujar Eagle di pembukaan pameran Periklindo Electric Vehicle (PEVS) 2024, Selasa (30/4/2024).

Eagle mengatakan pihaknya tidak main-main terjun di pasar otomotif Indonesia. Pendirian pabrik hanya salah satu langkah sebab total investasi yang digelontorkan sangat besar.

"Total investasi di Indonesia kami mengincar lebih dari 1 miliar dollar AS (setara Rp 16,2 triliun)," ujar Eagle.

Baca juga: Risiko Fatal Mobil Kehabisan Oli Mesin di Jalan

Proses selanjutnya adalah serah terima lahan yang akan dilakukan pada Agustus 2024. Kemudian berlanjut pembangunan dan mulai beroperasi pada 2026.

 

BYD Atto 3Foto: BYD BYD Atto 3

Eagle mengatakan, pendirian pabrik merupakan langkah strategis awal pengembangan ekosistem EV di Indonesia. Pemilihan Kawasan Industri Subang Smartpolitan dilakkan sesuai kebutuhan perusahaan.

"Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang kami perlukan," ujar Eagle.

Baca juga: Toyota Eco Youth Angkat Tema EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi

Kawasan industri Subang Smartpolitan sendiri terintegrasi berbagai infrastruktur strategis nasional. Lokasi ini mudah untuk diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang juga sedang dalam tahap pengembangan.

Selain itu juga dekat dengan Jalan Tol Akses Patimban dan langsung terhubung ke Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta, Bandung, dan kota lain di Jawa Barat dan Tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat